Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Capai MDG’S, Pemprov Sulut Siapkan Strategi Percepatan

Redaksi Manado Today   |   11 Maret 2011 – 01:23 WITA

Manado Today – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyiapkan sejumlah strategi dalam upaya mempercepat pencapaian “Millenium Development Goal`s” dengan sasaran peningkatan kesejahteraan rakyat.

Sekretaris Provinsi Sulut Rachmat Mokodongan mengemukakan tentang persiapan itu pada pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Provinsi Sulut 2011 yang diikuti bupati, wali kota dan kepala satuan unit kerja di Manado, Kamis (10/3/2011).

Di depan Staf Ahli Mendagri Bidang Politik dan Hukum Suwarno Putra Raharjo, Mokodongan mengatakan, banyak isu strategis yang harus mendapat perhatian semua pihak antara lain masalah sosial ekonomi seperti penanggulangan kemiskinan dan pengangguran untuk percepatan pencapaian MDG’S.

Karena itu, Pemprov Sulut mengambil langkah-langkah strategis penanggulangan kemiskinan antara lain dengan meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan sebagai cermin dari kualitas hidup rakyat.

Sementara di bidang ekonomi, Pemprov Sulut melakukan peningkatan produksi tanaman pangan sebagai antisipasi terhadap kekurangan pangan yang menjadi isu global dengan kembali mengajak masyarakat untuk memberi perhatian pada sektor pertanian.

“Dalam pemantapan program ketahanan pangan itu, pemerintah mencanangkan program “Gerakan menyentuh tanah” beberapa waktu lalu, termasuk pengembangan ekonomi lokal melalui pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Musrenbang itu bertujuan menyerasikan substansi rencana kerja masing-masing instansi yang hasilnya akan digunakan untuk pemutahiran Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2011.

Pemerintah telah merumuskan tema pembangunan yang sekaligus akan mewarnai kebijakan operasional daerah yaitu “Pembangunan Infrastruktur dan SDM Dalam Rangka Pencapaian MDG`S dan Ketahanan Pangan”, dengan membuat gambaran prioritas pembangunan yang bepihak kepada rakyat.

Kemudian guna menunjang percepatan pertumbuhan ekonomi di Sulut yang didukung oleh sektor lain seperti pariwisata, kelautan, energi, pertanian dan infrastruktur.  (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading