Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

CID di Amerika Puji Kepemimpinan S.H. Sarundajang

Tonny Sumakul   |   28 Juli 2012 – 18:45 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Kegigihan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), dalam membawa daerah “Bumi Nyiur Melambai” semakin mendunia, terus membuahkan hasil.

Buktinya, pada pelaksanaan Congress Indonesia Diaspora (CID) di Los Angeles Amerika Serikat, awal Juli lalu, Sulut menjadi salah satu provinsi percontohan yang disebut para panelist kongres, sebagai provinsi yang berhasil membuka hubungan kerjasama dengan dunia luar.

Bukan hanya itu, kepemimpinan Sarundajang dinilai sukses luar biasa dengan menjadikan Sulut sebanagi salah satu daerah tempat pelaksanaan iven internasional. Dan bahkan mampu membuat negara super power Amerika memberikan kontribusi untuk kegiatan Pacific Partnership.

Sejumlah nama tenar CID tersebut, tampil sebagai panelist yang memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Sarundajang membawa Sulut semakin maju, yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Mari Elka Pangestu, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Ketua Komite Ekonomi Indonesia Chaerul Tanjung, Duta Besar RI untuk Amerika Dinno Patti Djalal, dan Konjen RI untuk Los Angeles Hadi Marchadi.

‘’Pengalaman bekerjasama dengan pak Sarundajang waktu acara WOC lalu, kami akomodir untuk menyukseskan pelaksanaan CID ini,’’ ujar Konjen Hadi Marhadi.

Membanggakan lagi, berangkat dari keberhasilan Sarundajang dalam mengenalkan Sulut sebagai daerah yang berpotensi baik dari sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia, salah satu panelist dalam kongres yang dihadiri sekitar 4000 peserta dari 33 negara berbeda itu, yakni Kepala Sub Bagian Pengumpulan dan Penjaringan Informasi Pemprov Sulut, Vanda B. Jocom S.Sos, M.Si.

Dalam kongres itu, Jocom dipercayakan sebagai salah satu Panelist untuk topik Becoming Exemplary Resident: Engaging and Partnering with your Host Community, dan tampil bersama beberapa panelist lainnya seperti Johny Harjantho (Indonesian Society, Singapur), Addy Amir (Indonesian America Society of Florida), Hani White (Indonesian Community of Greater Philadelphia), dan John Sumarjono (Diaspora Indonesia).

‘’Kesempatan itu ada karena nama Sulut sudah terkenal di mata dunia,” ujar Jocom, yang pada panel itu mempromosikan Sulut lewat beberapa slide tentang potensi Sulut. (*/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading