Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Colombo Plan Meeting ke-42 Digelar di Sulut

Tonny Sumakul   |   23 Juli 2012 – 20:23 WITA

MANADO, (manadotoday.com) –Pemerintah pusat kembali menetapkan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sebagai tempat pelaksanaan ivent internasional.

Kali ini dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, yang mengagendakan 43rd Consultative Commitee Meeting Of The Colombo Plan (CCM-CP) atau Pertemuan ke 43 Komite Konsultasi Colombo Plan, akan dilaksanakan di Sulut 10 – 12 Oktober 2012.

“Ya, Sulut kembali dipercayakan sebagai tuan rumah agenda internasional, yakni Colombo Plan Meeting ke-42,” kata Kepala Bagian Humas Pemprov Sulut, Christian Sumampow SH MEd, Senin (23/7).

Dijelaskannya, Colombo Plan adalah organisasi antar pemerintah yang dibentuk oleh sejumlah negara eks persemakmuran Inggris (Commonwealth), diantaranya Australia, Pakistan, India, Canada, Srilanka dan New Zealand. Namun, kini telah berkembang keanggotaannya menjadi 26 negara, termasuk negara-negara non persemakmuran dan negara-negara yang berada dalam organisasi regional seperti ASEAN dan SAARC (Perhimpunan Kerjasama Negara-negara Asia Selatan).

Kata Sumampow lagi, Colombo Plan didirikan untuk tujuan saling mendorong dan menfasilitasi negara-negara anggotanya, terutama dalam sector pembangunan ekonomi, mendorong kerjasama teknis yang berkaitan dengan tranfer teknologi, dan memfasilitasi negara-negara anggotanya dengan lembaga atau badan-badan dunia, di berbagai bidang.

“Organisasi ini lagi menjadi wahana sharring, untuk pengalaman-pengalaman penyelengaraan pembangunan negara-negara anggotanya,” terang Sumampow.

Lanjut juru bicara Gubernur Sulut Dr. S.H. Sarundajang itu mengatakan, nantinya kegiatan Colombo Plan Meeting ke 42 ini, akan digelar di Grand Kawanua International Convention (GKIC) Hotel Novotel Manado, dengan melibatkan sekitar 500-an peserta dari 26 negara anggota, juga observer dari Eropa, Amerika dan organisasi-organisasi/badan-badan dunia lainnya.

“Peserta adalah Senior Officer dari Kementerian terkait negara-negara anggota, yang nantinya melakukan evaluasi dan kemudian menyusun rencana tahunan ke depan,” ungkapnya.

Ditambahkan Sumampow, pelaksanaan Colombo Plan Meeting ke 42 ini, akan semakin memperkenalkan Sulut ke dunia intarnesional, dengan harapan akan menstimulir roda perekonomian dan menggenjot pemasukan devisa dari sektor pariwisata. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading