Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Cuaca Ekstrim, Petani di Gorontalo mengeluh ke Bupati

Redaksi Manado Today   |   18 Mei 2011 – 23:59 WITA

Gorontalo – Petani di Kabupaten Gorontalo keluhkan cuaca ekstrim yang melanda daerahnya. Mereka menyampaikannya langsung pada Bupati setempat, David Bobihoe, pada tatap muka anggota kelompok tani dengan Pemerintah Daerah, Rabu sore.

Sekitar 1000 orang anggota kelompok tani yang menghadiri tatap muka itu, mengaku sangat mengkhawatirkan nasib hasil panen mereka nanti.

Pasalnya cuaca ekstrim berupa panas menyengat yang dirasakan hampir sebulan ini, dikhawatirkan menyebabkan tanaman mati kekurangan air. “Kami khawatir, jika harus gagal panen akibat cuaca ekstrim saat ini yang bisa menyebabkan musim kemarau”,ujar Ibrahim seorang anggota kelompok tani dari Desa Balahu, Kecamatan Tibawa.

Bupati David mengatakan, tak dipungkiri banyak persoalan yang harus dihadapi para petani di lapangan. Olehnya bagaimana cara mengatasi seluruh permasalahan itu, akan dilakukan oleh Pemerintah daerah melalui para penyuluh pertanian yang diturunkan di seluruh wilayah pertanian.

Sebab penyuluh pertanian dipersiapkan untuk melakukan pendampingan pada seluruh petani, sehingga sukses memasuki musim panen mereka.

Untuk tahun 2011 ini, Bupati David mengatakan, Pemerintah daerah siap menyalurkan dana sebesar 100 juta rupiah. Dana tersebut akan disalurkan melalui program pengembangan usaha agribisnis pedesaan (PUAP) kepada sejumlah gabungan kelompok tani (Gapoktan).

Dana sebesar itu, kata David diharapkan mampu mengoptimalkan pengelolaan produksi pertanian termasuk pencegahan gagal panen akibat cuaca ekstrim.

Ia mengatakan, cuaca ekstrim yang tengah melanda di seluruh wilayah negeri ini, diharapkan tidak mengganggu aktivitas pertanian para petani.

Olehnya petani harus sebijak mungkin menentukan produksi tanam yang tepat. “Pemerintah daerah tidak akan menutup mata melihat kendala yang dihadapi para petani di daerah ini, olehnya fungsi seluruh penyuluh pertanian dalam melakukan pendampingan akan lebih dioptimalkan”,tegas Bupati David. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading