Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Cuaca tak Menetu, Petani Kebingungan Untuk Menanam

Staff Manado Today   |   31 Maret 2011 – 19:38 WITA

Tomohon Today – Iklim yang tidak menentu akhir-akhir ini, membuat para petani bingung. Pasalnya, kebiasaan menanam para petani dikaitkan pada iklim, kini tak lagi akibat musim hujan dan musim panas tidak bisa diprediksi.Sejumlah petani yang ditemui mengaku jika musim tanam mereka tak lagi teratur.

‘’Kami sudah tidak tahu lagi kapan menanam. Ini akibat iklim yang berubah-ubah,’’ ungkap Tonny J Pengemanan, Herman L Loho dan Jesayas M Pinontoan.

Hal ini turut diakui Ir Ervinz DH Liuw, mantan Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon, yang saat ini menjabat Asisten Administrasi Umum Pemkot Tomohon. Dimana Liuw mengatakan, kini tinggal bagaimana petani mendapat penjelasan dari instansi terkait yang berhubungan dengan masalah pertanian.

‘’Ya, di sini memang butuh penyuluhan serta penjelasan yang intensif dari instansi teknis. Sebab, petani sangat butuh itu,’’ ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4K-KP) Kota Tomohon Drs Eddy J Turang mengatakan bahwa pihaknya memang selalu siap untuk memberikan penyuluhan kepada petani tentang bagaimana bercocok tanam. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading