Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Damongilala Himbau Petani di Minahasa Tenggara Perluas Areal Tanaman

David Masengi   |   1 Maret 2012 – 21:04 WITA
Kelompok Tani mitra

Damongilala bersama Kelompok Tani

Ratahan, (manadotoday.com) – Guna meningkatkan hasil produksi agar dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal, Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Jeremia Damongilala, meminta agar Kelompok Tani dan Petani memperluas areal tanam dengan memanfaatkan lahan tidur, untuk ditanami berbagai tanaman yang dapat di jual di Pasar Tradisional yang ada di Sulawesi Utara.
Hal ini diungkapkan Damongilala, ketika menghadiri panen perdana Buah semangka dan Jagung milik kelompok tani Kamang yang diketuai oleh Refly Tondatuon di perkebunan Nelys Kuyanga Ratahan, Kamis (1/3/2012) siang tadi.
Diungkapkannya, kebutuhan pasar setiap hari bisa mencapai puluhan ton, sementara Petani hanya mampu memasok buah semangka 3 Ton setiap 3 hari.
”Karena itu untuk memenuhi kebutuhan pasar petani diharapkan memperluas lahan untuk ditanami, dan ini juga penghasilan Petani bertambah karena semakin luas areal tanam untuk ditanami , maka semakib besar hasil yang akan didapat,” ujarnya.
Lanjut dikatakan jika dibandingkan dengan tahun 90-an produksi saat ini, jauh menurun dimana pada tahun tersebut produksi bisa mencapai 15 ton sekali panen.
”Karena itu juga gerakan menanam lebih ditingkatkan agar produksi akan menyamai tahun 90-an ,” pungkasnya.
Seperti deiketahui hadir dalam acara panen dan penanaman kelompok Tani Kamang Hukum tua Kuyanga I Liwan, Pdt Lita Walakadouw MTh serta kelompok-kelompok tani yang ada di desa Kuyanga dan sekitarnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading