Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Tenggara

Damongilala : Kebijakan Pembangunan Perlu Dievaluasi

David Masengi   |   1 Maret 2012 – 13:52 WITA
wakil bupati mitra

Wakil Bupati Mitra, Drs Jeremia Damongilala MSi

Ratahan, (manadotoday.com) – Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Drs Jeremia Damongilala MSi menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebijakan pembangunan. Menyusul hasil penilaian Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Mitra adalah salah satu dari tiga daerah terendah IPM atau peringkat ke-12 di Sulut.
“IPM untuk mengklasifikasi apakah sebuah negara itu adalah termasuk negara maju, negara berkembang atau negara terbelakang. Dan salah satu indikator utama rendahnya IPM adalah beberapa kali temuan gizi buruk di Mitra,” ujarnya.
Diungkapkannya beberapa waktu lalu, ia didatangi salah seorang staf ahli yang baru saja dinonjobkan, yakni Ir Jantje Kindangen MSc, yang bicara banyak tentang pembangunan Mitra.
”Dalam perbincangan tersebut, beliau memprediksi IPM Mitra akan anjlok ketika postur APBD, terlalu besar pembangunan fisik dan kurang memberi perhatikan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Demikian juga dengan bantuan bantuan yang tidak terarah, bahkan banyak yang fiktif,” ujarnya.
Dari perbincangan itulah Damongilala menyarankan Pemkab segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebijakan pembangunan selama ini.
“Saat ini Pemkab Mitra sudah harus mengevaluasi kebijakan pembangunan secara keseluruhan, ” tutupnya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading