Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dana Bergulir UMKM dan PUAP di Bitung Disalurkan

Redaksi Manado Today   |   6 Oktober 2010 – 19:57 WITA

Bitung Today – Dinas Koprasi dan UKM Kota Bitung, kembali menyalurkan dana bergulir tahap III tahun 2010 sebesar Rp 250.000.000 kepada 17 koperasi dan 55 UMKM yang bertujuan untuk mendongkrat dunia usaha ekonomi di berbagai sector. Dana ini diserahkan langsung oleh Walikota Bitung Hanny Sondakh, Rabu 06/10/ 10 di BPU Kantor walikota.

Drs. Malton Andalangi Kepala dinas koperasi dan UKM kota Bitung menuturkan bahwa di tahun 2010 pihaknya telah menyalurkan dana bergulir sebesar 700 juta rupiah setelah tahap III ini selesai disalurkan.

“Tahap pertama,Pemerintah telah menyalurkan dana sebesar 250 juta rupiah kepada 10 koperasi dan 133 UMKM, sedangkan di tahap kedua khusus diperuntukan kepada UMKM angkutan umum mikrolet dengan anggaran sebesar 200 juta rupiah,”terangnya.

Walikota Bitung Hanny Sondakh dalam sambutannya bahwa bantuan ini merupakan realisasi dari kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat yang diwujudnyatakan melalui bantuan langsung seperti ini, oleh sebab itu walikota menghimbau kepada seluruh penerima bantuan, baik UMKM, Koperasi dan Gapoktan agar dapat memanfaatkan dana tersebut dengan baik sesuai dengan peruntukannya,

“Gunakanlah dana ini sesuai peruntukannya, karena tujuan dari pemberian bantuan ini adalah dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat melalui penguatan struktur keuangan serta meningkatkan kemampuan SDM pengelolaan agar terciptanya pengusaha atau pelaku usaha yang mampu memberikan manfaat demi terciptanya lapangan kerja baru, peningkatan usaha ekonomi produktif, peningkatan ekonomi keluarga, penguatan kapasitas organisasi demi kesejahteraan masyarakat kota Bitung,” ujar Sondakh.

Pada kesempatan tersebut walikota Bitung menyerahkan bantuan dana pengembangan usaha agrobisnis pedesaan ( PUAP ) tahun 2010 bagi 5 Gapoktan atau gabungan kelompok tani. Kepala badan penyuluhan pertanian dan peternakan BP4K kota Bitung Dra. Telly Lengkong bahwa sebanyak 5 Gapoktan mendapatkan bantuan sebesar 100 juta rupiah untuk masing – masing Gapoktan, berarti secara keseluruhan dana PUAP berjumlah 500 juta yang telah disalurkan di kota Bitung.

“Adapun Gapoktan penerima bantuan adalah Gapoktan Mapalus kelurahan Pinasungkulan, Gapoktan Sengkananung kelurahan Paudean, Gapoktan Maju bersama kelurahan Posokan, Gapoktan Douron kelurahan Tanjung merah dan Gapoktan Bina tani kelurahan Pinangunian,”katanya sembari menambahkan jenis usaha dari masing masing Gapoktan bervariasi mulai, dari usaha pertanian, peternakan, perkebunan dan tanaman holtikultura. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading