Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Dana Insentif Perangkat Desa Mitra Tertahan di Tangan ‘Kumtua’?

Manado Today   |   21 November 2010 – 17:03 WITA

Ratahan Today – Kendati dana insentif dari perangkat desa yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) telah diberikan kepada masing-masing Hukum Tua (Kumtua) oleh Dinas Pengelola Keuangan Asset dan Pendapatan Daerah (DPKAPD) sejak pekan lalu, namun hingga kini sejumlah perangkat Desa mengaku belum menerima dana insentif triwulan ke – III itu.“Setahu kami dana tersebut sudah diberikan oleh DPKAPD sejak pecan lalu. Namun kami trak tahu dana tersebut belum berada di tangan kami,” kata sejumlah perangkat desa yang namanya tak mau disebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Mitra, Desten Katiandagho mengatakan, memang penyaluran insentif telah dilakukan sejak pekan lalu. Dan yang paling terakhir, pembayarannya dilakukan  Kamis (18/11/2010). Namun  diharapkan agar perangkat desa tetap bersabar dahulu, sebab nantinya dana tersebut akan ada.

“Mungkin dana itu akan diserahkan oleh para Kumtua dalam pecan ini, jadi diharapkan agar perangkat Desa untuk bersabar. Dan bila memang dana tersebut tak kunjung diterima, silahkan laporkan Kumtua tersebut di BPMPD,” terang Katiandagho.

Lanjutnya lagi, diharapkan juga untuk para Kumtua tidak terlalu lama untuk menahan dana insentif tersebut, agar para perangkat desa tidak akan bertanya-tanya lagi. Selain itu, jangan ada potongan se-peser pun, terhadap hak dari para perangkat desa tersebut.

“Kendati ada perangkat desa yang istilahnya kabal atau tidak melakukan tugasnya dengan baik, namun dana insentifnya tidak boleh main potong,” kata Katiandagho.

Ia menambahkan, untuk penyaluran triwulan keempat sementara dalam proses, dan kemungkinan besar akan dilakukan pembayaran awal Desember nanti.

Seperti diketahui, dana insentif para perangkat desa ini berjumlah Rp. 1 juta untuk setiap Kumtua, Rp. 150 ribu untuk Sekretris Desa (Sekdes) non PNS,  Rp. 100 Ribu Sekdes berstatus PNS, Rp. 100 Ribu untuk Kepala Urusan (Kaur), dan Rp. 150 untuk masing-masing Kepala Jaga. (evel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading