Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Dana Sertifikasi Guru Minsel Tidak Tertata Pada APBD 2012

David Masengi   |   15 Mei 2012 – 21:22 WITA

AMURANG, (manadotoday.com)-Terhambatnya pembayaran tunjangan sertifikasi bagi guru-guru yang ada di Minahasa Selatan (Minsel) dikarenakan dana tersebut tidak tertata dalam APBD 2012.

Dan nanti bisa dibayarkan jika ada  peraturan bupati (Perbup) yang disahkan menyangkut pembayaran tunjangan sertifikasi para guru profesional (sertikasi).

Hal ini diutarakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minsel melalui Kabid Dikdas, Noldy Sumampow, Selasa (15/5/2012) siang tadi.

Menurut Sumampow, meski dana sertifikasi tidak masuk di APBD 2012, namun solusinya bisa dibayarkan melalui Peraturan bupati (Perbup)

“Ya, memang benar, untuk tunjangan guru sertifikasi maupun non sertifikasi belum dimasukkan pada APBD. Dan sebagaimana aturan kalau belum dianggarkan di APBD, otomatis tidak boleh dikeluarkan di kas daerah. Jadi, solusinya melalui Peraturan bupati (Perbup), dan ini bisa menjadi landasan hukum penyaluran tunjangan,” ujarnya.

Dikatakan, pengajuan untuk dibuatkannya perbup sebagai dasar hukum penyaluran sertifikasi telah dikirimkan ke Bupati. Dan total dana permintaan yang diajukan Rp 51.910.686.000 untuk sertifikasi, sedangkan non sertifikasi diang-garkan Rp 3,9 miliar. Yang sumber dananya berasal dari pemerintah pusat dan ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

“Untuk pagu anggarannya sudah di PMK. Jadi tidak ada permasalahan, kita tinggal menunggu terbitnya Perbup dan para guru sertifikasi dan non sertifikasi tak perlu merisaukan dana tersebut, dikarenakan setiap triwulan langsung dititipkan di kas daerah,” ujarnya sembari menambahkan jika menunggu APBD-P masih terlalu lama.

Dan saat ini sedang berproses di Dikpora, dan sudah mengirimkan draft pengajuan serta hasil kajian.

”Dana yang diberikan dalam 4 termin tahun ini kurang lebih Rp 55 miliar, mulai guru sertifikasi maupun non sertifikasi,” tutupnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading