Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Danlantamal VIII Harapkan Satgas Lokon Bekerja Optimal

Staff Manado Today   |   23 Juli 2011 – 13:49 WITA
gunung lokon

Gunung Lokon

Manado Today – Satuan tugas “Lokon” pangkalan utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado harus dapat memberikan bantuan secara optimal dalam tanggap darurat terhadap bencana letusan Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara.

“Satgas diharapkan memberikan bantuan secara optimal terhadap permasalahan yang dihadapi para pengungsi,” kata Danlantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Sugianto saat meninjau Posko tanggap darurat penanggulangan letusan Gunung Lokon, di Tomohon.

Sebelumnya, sejak Senin (18/7) Lantamal VIII Manado telah mengerahkan sekitar 250 prajurit berasal dari Markas Komando (Mako) Lantamal VIII Manado dan Bataliyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VIII Bitung, untuk memberikan bantuan ke Tomohon sehubungan dengan meningkatnya aktivitas Gunung Lokon.

Satgas ini terdiri dari tim medik dan evakuasi, zeni, logistik dan dapur lapangan, angkutan, pengamanan dan penerangan.

Sugianto mengatakan,agar para perwira dan anggota Satgas dapat dengan sepenuh hati melaksanakan tugas kemanusiaan tersebut yang dilandasi rasa ikhlas dan tanpa pamrih.

“Kehadiran satgas harus mampu memberikan rasa aman serta dapat bekerja sama dan bekerja bersama sama dengan satuan lain yang ada di posko tanggap darurat,” kata Sugianto.

Dalam kunjungan ke Tomohono itu, Komandan Lantamal VIII Manado Laksamana Pertama TNI Sugianto disambut, Komandan Satgas Lokon Lantamal VIII Mayor (Mar) Apolinaris AW , Sekretaris Daerah Kota Tomohon Arnold Poli dan Kapolresta Tomohon AKBP Marlien Tawas..

Sugianto yang saat itu didampingi antara lain,Ketua Jalasenastri Manado Rurin Sugianto serta Komandan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Manado, Mayor Laut (P) Rahmanto, juga mengunjungi lokasi pengungsian.

Aktivitas Gunung Lokon sejak bulan lalu terus meningkat, dan pada 27 Juni 2011 status gunung itu ditetapkan siaga, kemudian 10 Juli 2011 ditingkatkan ke status awas.

Peningkatan aktivitas disertai meletusnya Gunung Lokon beberapa waktu lalu menyebabkan 5.369 warga di Kelurahan Kinilow, Kelurahan Kinilow 1 dan Kakaskasen 1 harus diungsikan ke sejumlah tempat.

Pengungsi itu tersebar pada 23 titik lokasi pengungsian antara lain, Balai Pertemuan Umum Kelurahan, aula gereja, ruang kuliah Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Universitas Negeri Manado (Unima) di Tomohon, dan aula Parakletos.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading