Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

DAS di Manado Perlu Dikeruk

Aldi Mawitjere   |   19 November 2011 – 18:29 WITA

Manado, MTC – Langkah antisipasi akan bencana banjir, dengan melakukan pengerukkan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di wilayah Manado. Demikian diungkapkan Kepala Dinas PU Manado Ir Ferry Siwi.
Menurutnya, hal itu dianggap bisa menjadi satu solusi antisipasi banjir melihat curah hujan yang dipastikan akan meninggi memasuki bulan Desember nanti.
“Kedangkalan sungai saat ini bisa memicu terjadinya bencana banjir bagi warga yang bermukim disepanjang aliran DAS yang ada di Manado, terutama DAS Tondano dan Sario. Tentunya memang akan lebih bagus dikeruk karena sendimen sudah mulai tinggi,” terang Siwi.
Pasalnya, intensitas curah hujan yang tinggi dibeberapa hari belakangan hari ini, perlu diwaspadai. Pemkot Manado pun terus berupaya memberikan himbauan terkait dengan waspada dini akan bencana tanah longsor dan banjir.
Namun disatu sisi, pekerjaan pengerukkan DAS di Manado, kata Siwi, bukan kewenangan Dinas PU Manado melainkan pihak Balai Sungai.
“Jika ada penyumbatan di aliran sungai karena ada batang pohon atau sejenisnya, PU akan langsung bereaksi untuk melakukan penanganan. Tapi untuk pengerukkan itu kewenangan dari Balai Sungai,” jelasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading