Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dasar Sejarah Alasan Tokmas Ranowulu Desak Selesaikan Batas Wilayah

Aldy Monareh   |   10 Februari 2012 – 07:48 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Alasan Ketua LPM Kecamatan Ranowulu Johan Rompis dan Ketua LPM Pinasungkulan Herman Lule, mendesak Pemkot Bitung selesaikan Batas wilayah karena didasari dengan Sejarah, dimana sebelum tahun 1998, batas wilayah Bitung dengan Minahasa dimulai.
”Batas wilayahnya dimulai dari Pulau Puntein menuju muara sungai Araren. Setelah dari Araren selanjutnya mengarah ke jembatan Araren dan naik ke puncak Tokatindung,” tutur keduanya.
Kemudian diuraikan kedua tokoh masyarakaytini batas wilayah kemudian menuju air jatuh atau Tunan Batu budo, kearah barat Durian satu atau kelapa satu di kuala Maen dan menyusur ke selatan yaitu Tikatondei, sebelah barat Keluarahan Pinasungkulan menuju batas Desa Klabat dan Karondoran dan berakhir di puncak Gunung Klabat, ungkap keduanya sembari menambahkan pada tanggal 9 Juni 1998 pemerintah melakukan pergeseran batas wilayah yang saat dihadiri oleh Wagub Sulut JB Wenas, Pembantu Gubernur Wilayah I JF Mailangkay, Bupati Minahasa Dolfi Tanor dan Walikota Bitung Sinyo H Sarundajang. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading