Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

DAU Sangihe Bertambah, Namun APBD 2012 Devisit Rp 20,3 Milliar

Redaksi Manado Today   |   20 Desember 2011 – 19:09 WITA
DPRD Sangihe

Kantor DPRD Sangihe

Tahuna, MTC – Meski Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Sangihe mengalami ketambahan sebesar Rp 66 milliar, namun anehnya total anggaran pada APBD tahun 2012 oleh pihak Dinas PPKA dinyatakan mengalami devisit sebesar Rp 20,3 milliar.
Hal tersebut terungkap pada rapat paripurna DPRD Sangihe Selasa (20/12/2011) dengan agenda pembacaan pengantar nota keuangan draft RAPBD Pemkab Sangihe yang akan dibahas bersama legsilatif.
Dalam nota keuangan yang dibacakan langsung Bupati Sangihe, Drs Hironimus Rompas Makagansa MSi  pada rapat paripurna dewan itu, disebutkan bahwa pendapatan daerah mencapai Rp 497,6 miliar yang didalamnya juga terdapat target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 22,2 miliar.
Untuk dana perimbangan diajukan sebesar Rp 467,6 miliar.  Sedangkan belanja yang diajukan totalnya mencapai Rp 517,4 miliar yang diantaranya belanja tidak langsung Rp 332,01 miliar dan belanja langsung sebesar Rp 195,4 miliar. Bupati dalam sambutannya mengharapkan agar pembahasan yang nantinya dilakukan oleh dewan harus tetap mengedepankan kemitraan guna kemajuan daerah ini.
“Kemitraan yang sudah terbangun antara esekutif dan legislatif baiknya menjadi dasar untuk memacu pembahasan ditengah waktu yang sudah kasif pada penghujung tahun anggaran 2011,” ujar Makagansa.
Secara terpisah Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Benhur Takasiaheng menyatakan bahwa pembahasan draft RAPBD 2012 ini akan segera dituntaskan dalam pekan ini.
“Setelah ada persetujuan bersama antara legislatif dengan esekutif, maka  langkah selanjutnya adalah konsultasi dengan Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah,” ujar Takasihaeng seraya menambahkan, jika keterlambatan pembahasan anggaran akan berdampak pada kerugian daerah itu sendiri terlebih bagi masyarakat Sangihe, karena semuanya telah diatur dalam mekanisme dan aturan yang ada menyangkut dead line pembahasan RAPBD. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading