Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Debit air Danau Limboto Tinggal 1,5 Meter

Redaksi Manado Today   |   14 Oktober 2011 – 15:27 WITA

Manadotoday.com, Gorontalo – Kondisi debit air Danau Limboto, danau kebanggaan daerah Gorontalo tinggal 1,5 meter. Atas dasar itu, pemerintah daerah terus berupaya untuk menyelamat kelestarian danau ini.

Hal ini ditegaskan Gubernur Gorontalo, Gusnar Ismail, Jumat hari ini. “Bila kita tidak segera menyelamatkan danau yang menjadi andalan masyarakat Gorontalo, maka dalam waktu dekat danau ini tinggal menjadi kenangan,” katanya.
Gusnar menguraikan, Danau Limboto merupakan potensi alam yang dimiliki Gorontalo, namun saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, selain terjadi pendangkalan juga banyak tumbuhan liar yang tumbuh. Beberapa tahun lalu kedalaman Danau Limboto masih mencapai lima meter. Tapi berdasarkan survei dan hasil evaluasi yang dilakukan, saat ini hanya tinggal 1,5 meter dan banyak lumpur yang ada di dasar danau tersebut.
Bukan hanya lumpur yang berasal dari pegunungan di sekitar danau yang terbawa erosi setiap kali hujan turun, namun banyak tumbuhan liar seperti enceng gondok menutupi air yang ada di Danau Limboto. “Pemerintah provinsi akan segera mengalokasi dana untuk menyelamatan danau Limboto,” kata Gusnar, namun tidak menyebutkan secara rinci besarnya dana.
Lebih lanjut ujarnya, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah semakin perkembangannya tanaman liar enceng gondok, dengan mendatang mesin yang bisa mengolah menjadi bahan baku untuk kerajinan. “Kami juga sudah mendatangkan sejumlah jenis ikan yang punya ciri khas memakan tanaman enceng gondok, untuk dilepas pada kolam danau,” kata Gusnar. (ant/hma)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading