Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Deflasi Manado Sebesar 0,40 Persen

Aldi Mawitjere   |   3 Desember 2011 – 09:29 WITA

Manado, MTC – Perkembangan harga berbagai komoditas pada november 2011 secara umum meunjukan adanya penurunan. Pada november 2011, kota Manado mengalami deflasi sebesar 0,40 persen atau terjadi penurunan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 125,44 di bulan Oktober menjadi 124,94 pada bulan November 2011. Hal itu dikatakan oleh kepala BPS Sulut, Drs Dantes Simbolon.
Dijelaskannya, deflasi terjadi karena adanya penurunan indeks pada bahan makanan sebesar 1,72 persen.
Sedangkan yang mengalami kenaikan adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,14 persen, kelompok sandang 0,26, kelompok kesehatan 0,49 persen dan kelompok transpor , kominikasi dan jasa keuangan 0,03 persen.
Dirincikannya, komoditas yang mengalami penurunan harga antara lain cabe rawit, bawang merah, bawang putih, wortel, anggur, kemiri, daging ayam ras, mujair, dan bobara.
Sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain tomat, sayur, emas perhiasan, beras, daun bawang, kangkung, minuman ringan, batu bata serta pasta gigi.
“Manado mengalami deflasi sebesar 0,40 persen, penyebabnya adalah penurunan harga berbagai komoditas,”tandasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading