Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dekot Bitung Hearing Pertamina dan pemilik SPBU

Redaksi Manado Today   |   4 November 2010 – 02:58 WITA

Bitung Today – Menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait kelangkaan BBM jenis premium beberapa hari belakangan ini, Komisi A dan B DPRD Kota Bitung, memanggil hearing pihak Pertamina dan seluruh pemilik SPBU yang ada di Kota Bitung,Rabu (3/11/10).Victor Tataude SH,yang memimpin rapat dengar pendapat antara komisi gabungan DPRD Bitung dengan Pertamina dan pemilik SPBU,ngungkapkan bahwa hearing tersebut dilaksanakan guna menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait kelangkaan BBM jenis premium beberapa hari terakhir ini.
‘’ Hearing ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengapa Premium saat ini sulit didapatkan oleh masyarakat apaterlebih para nelayan,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Kantor Cabang Pendistribusian Pertamina Manado Irwansyah mengatakan bahwa, sama sekali tidak terjadi kelangkaan BBM jenis premium,karena pasokan Pertamina kepada sejumlah SPBU justru mengalami peningkatan setiap bulannya .
“ Tidak terjadi kelangkaan BBM jenis premium,karena saat ini Pertamina justru melakukan penataan penyaluran Premium ke SPBU – SPBU di Kota Bitung, karena telah over atau melebihi jatah yang telah ditentukan oleh Pemerintah pusat,” terangnya.

Lain halnya dengan Irwansyah,pernyataan berbeda diungkapkan pengelola SPBU Manembo – nembo dan Madidir, bahwa jatah perminggu yang biasanya dipasok justru mengalami penurunan yang cukup signifikan.
“Biasanya Depot Pertamina memasok 24 ribu kilo liter/minggu, namun beberapa minggu terakhir kini tinggal 16 ribu kilo liter,” terang pengelola SPBU Madidir.
Dipihak lain para nelayan mengeluhkan sulitnya mendapatkan Premium di SPBU – SPBU karena dihalangi aparat kepolisian,jika membeli dengan membawa gallon, meskipun mereka menyertakan surat keterangan resmi dari pemerintah dalam hal ini pemerintah kelurahan.
“ Kami sangat kesulitan membeli BBM jenis premium di SPBU jika akan menggunakan gallon karena pastinya tidak akan dilayani.Hal ini justru akan berpengaruh terhadap penghasilan kami sebagai nelayan,karena kami tidak akan bias melaut jika tidak ada premium,Kalaupun kami mendapatkan premium di kios – kios harganya sangat mahal,’’ keluh Mat nelayan asal Aertembaga sembari menambahkan para nelayan akan melakukan demo besar –besaran jika nantinya akan dipersulit untuk mendapatkan BBM jenis premium,kendati telah disertai surat dari pihak terkait.

Menanggapi permasalahan ini, Gabungan Komisi DPRD Bitung sepakat untuk memberikan rekomendasi kepada Bagian Perekonomian Pemkot Bitung untukmengeluarkan kebijakan berupa surat keterangan guna mempermudah nelayan mendapatkan Premium di SPBU – SPBU, dengan mengunakan gallon. Gabungan Komisi menegaskan, semua SPBU untuk tidak melayani masyarakat yang membeli premium dengan mengunakan gelon, tanpa disertai surat rekomendasi dari pihak terkait.(lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading