Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dekot Bitung Komitmen Dukung Pengembangan Kawasan Minapolitan

Staff Manado Today   |   24 Juli 2011 – 10:19 WITA

Bitung Today – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bitung, Sulawesi Utara tetap berkomitmen mendukung pemerintah setempat mengupayakan pengembangan kawasan minapolitan demi peningkatan ekonomi di daerah itu.

Wakil Ketua DPRD Kota Bitung, Maurits Mantiri, di Bitung, Minggu, mengatakan, sepanjang keberadaan kawasan minapolitan untuk kesejahteraan masyarakat nelayan, pasti pihaknya sangat mendukung.

“DPRD tidak akan mengekang program pemerintah, asalkan tujuannya harus jelas untuk kesejahteraan masyarakat kecil,” katanya.

Mantiri tak menampik bila kawasan minapolitan memberikan dampak positif terkadah Kota Bitung, terlebih menyangkut penataan layanan terhadap nelayan kecil.

“Sehingga apa yang semestinya milik nelayan haruslah dimilikinya,” katanya.

Menyinggung tentang belum adanya penetapan rencana tata ruang wilayah (RTRW) oleh DPRD Bitung, ia mengatakan bahwa hal tersebut masih dalam proses.

“Yang pastinya, menyangkut peruntukan lahan di kawasan minapolitan, tetap harus tunduk terhadap Peraturan Daerah (Perda) RTRW Kota Bitung,” katanya.

Pengembangan kawasan minapolitan di daerah itu untuk meningkatkan produksi, produktivitas dan kualitas produk perikanan, meningkatkan pendapatan nelayan, pembudidaya ikan, pengusaha, dan pengolah ikan secara adil dan merata.

Selain itu, pengembangan kawasan minapolitan sebagai upaya membangun pusat pertumbuhan ekonomi daerah.

Sasaran pelaksanaan pengembangan kawasan minapolitan yaitu meningkatkan kemampuan ekonomi usaha masyarakat dalam skala mikro dan kecil, meningkatkan jumlah serta kualitas usaha skala menengah ke atas, sehingga berdaya saing tinggi, bahkan meningkatkan peran sektor kelautan dan perikanan menjadi penggerak ekonomi daerah regional dan nasional.

Hingga saat ini, pengembangan kawasan minapolitan di Kota Bitung telah memasuki tahapan pengumpulan data zonasi secara rinci.

Letak strategis kawasan minapolitan di tiga wilayah Kota Bitung, yaitu Kecamatan Aertembaga, Lembeh Utara, dan Lembeh Selatan.

Kota Bitung dipilih untuk pengembangan kawasan minapolitan karena potensi perikanan setempat didukung pelabuhan berbasis internasional sehingga daerah itu akan mampu memberikan peningkatan ekonomi khususnya dalam bidang perikanan dan kelautan.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading