Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Pemerintahan

Delapan Daerah Kabupaten/Kota di Sulut Berpeluang Raih Adipura

Redaksi Manado Today   |   24 April 2011 – 22:14 WITA

Manado Today – Delapan daerah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara berpeluang merebut penghargaan Adipura pada tahun 2011, yang penilaiannya tengah dilakukan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.
“Ada delapan kabupaten dan kota yang dinilai Kementerian Lingkungan Hidup untuk tingkat kebersihan di Sulut, sementara beberapa daerah ada yang sudah memenuhi syarat berpeluang merebut penghargaan yang nantinya diserahkan Presiden,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Alam dan Penyelamatan Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, Arvan, di Manado, Minggu.
Apalagi Kota Manado dan Bitung, kata dia, sudah pernah meraih penghargaan itu dua kali berturut-turut dan berpeluang menjadi Adipura Kencana, jika berhasil lagi pada tahun 2011 ini. Sementara Kabupaten Minahasa Utara pernah meraih sekali pada tahun 2010 lalu.
Peran masyarakat juga sangat penting dalam menggalakkan kebersihan lingkungan, membudayakan cara membuang sampah dan menjaga konservasi lingkungan dengan baik. Membantu menjaga fasilitas umum dan fasilitas negara dengan tidak merusak sembarangan.
Menurutnya, ada delapan kabupaten/kota di Sulut akan bersaing dengan kota lainnya di Indonesia untuk memperebutkan penghargaan Adipura 2011.
Delapan kota tersebut yakni, Kota Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa dan Sangihe, mereka telah memenuhi berbagai kriteria penilaian yang telah ditentukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.
Penilaian secara nasional sudah dimulai baik oleh tim penilai dari provinsi maupun pusat, mereka sewaktu-waktu turun ke lapangan melakukan penilaian tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, karena itu perlu antisipasi pemerintah setempat terutama menjaga lingkungan bersih dan baik.
Penghargaan Adipura merupakan satu bukti kemampuan pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan lingkungannya, karenanya program ini selalu menjadi kebanggaan tersendiri.
Arvan mengatakan, beberapa kriteria penilaian Adipura yang perlu mendapat perhatian pemerintah kabupaten/kota yang akan ikut berlomba diantaranya, infrastruktur perumahan, sarana kota dan sarana transportasi.
Kemudian perairan terbuka, sarana kebersihan, pantai wisata, jalan protokol dan kolektor, pasar, pertokoan, sekolah, terminal, pelabuhan, hutan dan taman kota. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading