Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Demonstrasi tak Bisa Pengaruhi Kinerja KPK

Aldi Mawitjere   |   16 September 2011 – 18:31 WITA

Terkait Demo PAMI di KPK

Manado Today – Seperti diketahui Pelopor Angkatan Muda Indonesia (PAMI) yang ketuai Noldi Pratasis, telah dua kali melakukan aksi demo di depan kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendesak pengusutan dugaan korupsi APBD Kota Manado tahun 2006-2007. Menariknya, logo kpkKPK tidak akan terpengaruh dengan demonstrasi berbagai kalangan yang mendesak agar institusi itu mengusut kasus dugaan korupsi kepala daerah.

Menurut juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi, pihaknya sama sekali tidak terganggu dengan demonstrasi-demonstrasi di KPK yang mendesak agar lembaga itu memeriksa kandidat dan para kepala daerah. “Kita tidak terpengaruh dengan demo,” ujar Johan Budi.

Dikemukakannya bahwa kalaupun KPK harus memeriksa salah seorang di antara mereka, itu bukanlah karena dorongan demonstran. “Ada atau tidak adanya demo, kita tetap melakukan validasi dan telaah, apakah ada kasus korupsi atau tidak. Intinya itu,” ujarnya.

Johan Budi juga mengakui bahwa ada pengaduan-pengaduan masyarakat yang masuk ke KPK, terutama menyangkut kandidat yang telah mencalonkan diri maupun telah terpilih sebagai kepala daerah. Tapi, Dia menambahkan, hingga saat ini belum ada yang masuk ranah penyelidikan, apalagi penyidikan.

Politisasi kasus hukum itulah yang akhirnya membuat Komisi Pemberantasan Korupsi harus lebih berhati-hati dalam menangani laporan dari masyarakat. Mengingat, KPK adalah lembaga yang paling banyak menerima laporan masyarakat soal kasus korupsi incumbent atau kepala daerah yang akan maju lagi mencalonkan diri dalam Pilkada. Bahkan tak jarang, pelaporan itu membawa massa demonstran.(*/ant/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading