Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Deprov Desak Pemprov Bangun Panti Sosial

Redaksi Manado Today   |   26 Agustus 2010 – 13:08 WITA

Manado Today – Deprov Sulut melalui Komisi IV mendesak agar Pemprov Sulut membangun Panti sosial yang salah satunya diperuntukkan bagi para pasien sakit jiwa yang sudah dinyatakan ‘sembuh’ tapi sudah tidak punya keluarga.

Pasalnya saat ini RS Ratumbuisang menampung 204 ‘pasien Inventaris’ yang masih terus di biayai pihak RS lewat pembiayaan Jamkesmas.

Anggota Komisi IV Benny Ramdhani menilai jika pasien inventaris yang sudah dinyatakan sembuh, tetapi tidak mempunyai keluarga tetap bertahan  tentunya akan semakin memberatkan RS tersebut. Karena itu, perlu dibangun sebuah panti sosial.
” Pihak pemprov melalui dinas sosial sudah selayaknya membangun panti sosial yang salah satunya diperuntukkan bagi mereka yang sudah dinyatakan sembuh karena sakit jiwa dan sudah tidak mempunyai keluarga lagi,” tutur Ramdhani.
Dikatakanya juga bahwa pembiayaan Jamkesmas tidak akan selamanya diberlakukan karena sesuai aturan yang berlaku, pembiayaan Jamkesmas akan di hentikan apabila pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh atau sudah tidak akan pernah sembuh lagi.

”Pihak rumah sakit tidak mungkin membiayai para pasien ini terus menerus karena pembiayaan Jamkesmas tidak akan berlaku contnue,dan jika pihak RS yang akan terus menerus membiayai para ‘pasien Inventaris’ tersebut lama kelamaan RS akan kolaps karena tidak mampu lagi membiayai,” terang Ramdhani.
Untuk itu diharapkan Ramdhani agar pemerintah melalui Dinas Sosial segera mencarikan solusi,yang salah satunya membangun Panti Sosial bagi para pasien inventaris tersebut. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading