Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Minahasa Utara, Pemerintahan

Desa Lilang dan Dabu-Dabu Lilang

Redaksi Manado Today   |   8 Oktober 2010 – 16:02 WITA

 

Salah Satu Sudut Sebagai Daya Tarik Desa Lilang kecamatan Kema Minut

Manado Today – Lilang adalah sebuah desa kecil di pesisir pantai Timur Sulawesi Utara, dengan corak penduduk petani, nelayan dan sebagian kecil Pegawai Negeri Sipil. Berpenduduk sekitar 400 kepala keluarga yang terbagi dalam empat dusun, Lilangdengan kecamatan Kema kabupaten Minahasa Utara (Minut),  merupakan sebuah desa yang potensial bagi pengembangan sektor jasa pariwisata, kelautan dan pertanian.

Namun bukan itu yang menarik dari Desa yang memiliki wilayah yang sangat luas, topografinya yang memiliki wilayah pantai merupakan ikon tersendiri bagi populernya Sambal iris dengan rasa yang khas ini.

Bagi pecinta masakan yang dipadu ikan bakar, Dabu-Dabu Lilang adalah sebutan yang cukup akrab di telinga. Apalagi saat menyantap Ikan Bakar yang ditangkap di perairan laut desa Lilang, yang sangat kaya dengan jenis ikan seperti Bobara, Kakap, Tude Oci (Kembung), Cakalang (Tongkol) dan masih banyak lagi nama ikan yang enak dan memiliki nilai nutrisi yang sangat baik.

Dabu Dabu Lilang yang terkenal hingga Manca Negara

Dabu-dabu Lilang, sebenarnya merupakan perpaduan beberapa bahan bumbu dapur, seperti Cabe Rawit (Rica), Bawang Merah, Tomat, Daun Kemangi, penyedap rasa. Walaupun hanya populer dengan sebutan Dabu-Dabu Lilang, sudah banyak yang mengetahui bahwa dari desa Lilang sebagai asal muasal, populernya sambal khas ini. (mt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading