Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Desa Marampit Akan Miliki PLTH

Tonny Sumakul   |   16 Desember 2011 – 18:49 WITA
gemmy kawatu

Asisten III Setdaprov Sulut : Gemmy Kawatu

Manado, MTC – Desa Marampit Kecamatan Nannusa, Kabupaten Talaud, akan segera memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH). Hal itu disampaikan Asisten III Setdaprov Sulut, Gemmy Kawatu.
Menurutnya, PLTH itu, akan dibangun oleh Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia, bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, serta Pemerintah Kabupaten Talaud.
“Ya, untuk Desa Marampit, akan dibangun pembagkit listrik tenaga hybrid, dari kemenristek RI,” kata Kawatu usai menerima kunjungan, Sekretaris Menko Kesra Prof. Dr. Indrayono Soesilo, didampingi Staf Ahli Menko Kesra bidang UMKM Ir. Wahnarno Hadi MS, Jumat (16/12/2011).
Kawatu menjelaskan, pembangkit tenaga listrik yang akan dibangun itu, akan menggunakan energi angin (kincir angin) dan energi matahari, dengan daya sebesar 20 KW listrik.
‘’Pemprov Sulut sangat berterimakasih atas rencana pembangunan prototype pembangkit listrik itu, karenaakan membantu masyarakat di Talaud,” kata Kawatu.
Sementara itu, Ir. Wahnarno Hadi MS, mengatakan, untuk total anggaran pembangunan PLTH itu, sekitar Rp 1,5 miliar. Bukan hanya itu, lima orang asal desa Marampit juga, telah selesai dilatih secara profesional selama 1 bulan di UGM, untuk mengoperasionalkan peralatan PLTH .
‘”Rencana pembangunan PLTH itu, akan kami upayakan dimulai dalam waktu dekat ini,” terang Wahnarno.
Ia menambahkan, untuk peralatan PLTH tersebut, saat ini sudah berada di pelabuhan Bitung, dan tinggal menunggu kapan alat-alat tersebut akan dibawah ke Desa Marampit. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading