Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Dewan Minsel Usulkan Penertiban Lahan HGU

Staff Manado Today   |   8 Juli 2011 – 11:54 WITA

Amurang Today – Menyikapi indikasi terlantarnya ratusan hektar lahan Hak Guna Usaha, akibat tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin pihak pengelola di kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Komisi I DPRD Minsel melalui ketua Setly Kohdong SH, mengusulkan langkah penertiban secara menyeluruh HGU di Minsel.

Hal ini menurut Kohdong, selain memaksimalkan kembali potensi lahan HGU yang dikelolah dan menghasilkan hasil pertanian dan perkebunan. Juga mematenkan kembali status batas, letak serta luas tanah jelas, sekaligus meminimalisir potensi konflik di kemudian hari.

“BPN selaku instansi teknis perlu melakukan langkah antisipasi, kami juga menilai pemegang HGU kurang melakukan pengawasan terhadap HGU yg mereka kuasai, para pemegang HGU juga diminta untuk bertanggung jawab terhadap penguasaan tanah, jadi Pemkab, dan BPN perlu berkordianasi menyikapi hal ini, serta perlu mengevaluasi mana pemegang HGU yang bertanggung jawab mana yang hanya ingin menerima hasilnya,” kata Kohdong. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading