Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado, Tokoh Today

Dhaniar Tulong, Wanita Sulut Pertama Pilot Komersil Indonesia

Redaksi Manado Today   |   25 Juni 2014 – 12:17 WITA

Dhaniar Tulong, Pilot Komersil sulut,  NAM Flying School Bangka ,London School of Public RelationsMANADO, (manadotoday.com) – Nama Dhaniar Augusta Tulong mungkin masih kurang familiar bagi warga Sulawesi Utara khususnya Kota Manado. Namun dibalik sosok lembut dara kelahiran Jakarta 24 Juli 1989 ternyata menyimpan sejuta potensi mendobrak dominasi kaum pria untuk bergelut didunia penerbangan Indonesia. Ini dibuktikan Nia, sapaan akrabnya yang berhasil menorehkan tinta emas sebagai Wanita Sulawesi Utara Pertama yang diwisuda sebagai Pilot Komersil oleh NAM Flying School Bangka pada beberapa hari yang  lalu. Nia bersama rekan-rekan pilot lainnya diwisuda Gubernur Bangka Belitung Bapak Rustam Efendi pada 23 Juni 2014.

Peribahasa Buah jatuh tidak jauh dari pohon ternyata juga berlaku bagi sosok Nia yang juga penyandang Sarjana Ilmu Komunikasi, London School of Public Relations (LSPR) Jakarta tersebut. Sang ayah tercinta Marphil Tulong adalah seorang pilot senior sedangkan sang ibunda Farieda Kandowangko adalah seorang arsitek landscape. Namun ternyata dibalik aktivitas yang notabene jarang diminati oleh para kaum hawa tersebut, Nia juga masih menyimpan sisi feminimnya. Sosok Nia ternyata juga piawai memainkan piano bahkan menjadi guru piano dan berbagai alat musik lainnya.

“Semua talenta yang ada merupakan pemberian yang indah dari Tuhan Yesus. Semoga ini dapat menjadi pemicu bagi kawula muda Sulawesi Utara khususnya para wanita untuk dapat bersaing di era emansipasi saat ini. Jangan takut untuk mencoba petualangan-petualangan baru yang jarang diminati kaum wanita. Yang pasti tetap dalam koridor-koridor yang sesuai dengan etika dan aturan yang ada”tegas saudara kandung dari Bram dan Sarah Tulong ini.

Keberhasilan Nia ini juga ternyata turut dirasakan oleh Sekretaris Daerah Kota Manado, Ir. MHF Sendoh yang merupakan paman dari Nia.

“Dengan diwisudanya Nia sebagai Wanita Pertama yang menjadi Pilot Komersil tentunya diharapkan hadir Nia-Nia baru di Kota Manado. Warga Kota Manado juga turut berbangga akan keberhasilan Nia ini,”ujar Sendoh.

Diakhir pembicaraan Nia menitipkan salam bagi para warga Kota Manado.

“Kebanggaan ini bukan hanya milik saya pribadi dan keluarga, namun juga sebagai kado spesial untuk Kota Manado yang akan berulangtahun ke 391 pada 14 Juli nanti,”pungkas Nia yang sebelumnya juga sempat menjadi atlet Ski Air tersebut menutup pembicaraan.(*/mt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading