Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Di Bitung, Banyak Perusahan tak Miliki Ijin Ipal

Redaksi Manado Today   |   24 Maret 2011 – 10:04 WITA

Bitung Today – Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyebutkan masih banyak perusahaan di Kota Bitung yang belum memiliki ijin prosedur teknik pembuatan instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

“Perusahaan yang bergerak dalam berbagai profesi usaha, baru satu yang kantongi ijin pembuatan IPAL yaitu PT Salim, selebihnya belum,” kata Kepala BLH Sulut, Olvie Atteng, ketika memberi bimbingan teknis IPAL kepada 33 perusahaan di Bitung.

Menyusul masih rendahnya ketaatan pengusaha tersebut, kata Olvie, maka pihaknya bekerja sama dengan BLH Bitung melakukan bimbingan teknis masalah ijin IPAL. Olvie mengatakan, IPAL pada masing-masing perusahaan, merupakan tuntutan demi peningkatan kapasitas perusahaan itu sendiri, sehingga air limbah dari hasil produksi dapat dibuang dengan tidak mencemari air laut. “Untuk membuat IPAL ini, harus didukung dengan sarana dan prasarana memadai agar IPAL dapat terproses secara baik,” kata Olvie.

Perusahaan, kata Olvie seharusnya terbuka bila belum memiliki ijin IPAL, karena wajib hukumnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BLH, kata Olvie memperketat ijin IPAL, karena berdasarkan penelitian ada air tanahnya sudah tercemar, terlihat pada air pada sumur-sumur bor milik masyarakat. Kepala BLH Bitung, Adriana Dondokambey mengatakan, tujuan dilaksanakan bimbingan teknis ini, untuk meningkatkan kemampuan pengolahan air limbah industri melalui instalasi pengolahan air limbah. (ann/hmt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading