Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Diguncang Gempa, Warga Tomohon Panik

Ardi Kalumata   |   1 Agustus 2012 – 09:20 WITA

TOMOHON, (manadotoday.com)—Gempa kuat terasa di Kota Bunga Tomohon pada Rabu (1/8) sekitar pukul 08.19 Wita. Akibat gempa tersebut, warga Tomohon dibuat panik.

Warga yang berada di pusat perbelanjaan, pasar, perkantoran serta sekolah-sekolah dan rumah-rumah berhamburan dan terlihat panic.

‘’Sepertinya rumah kami sudah mau ambruk karena kuatnya gempa yang kami rasakan. Untung saja tidak terjadi apa-apa,’’ ungkap Michael dan Nikson yang bergamburan keluar rumah karena panic.

Masih trauma dengan gempa tersebut, terjadi gempa susulan sekitar 10 menit kemudian, walaupun sudah tidak terlalu kuat. Tiga menit berikutnya juga terasa ada gempa kendati sudah melemah.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak meminta kepada warga Tomohon agar tidak panik namun waspada. Menurutnya, menghadapi hal seperti itu, hendaknya jangan panik agar bisa menghadapi hal-hal buruk yang bisa terjadi.

DIKIRA LOKON

Sementara warga Kakaskasen, ketika gempa terjadi, berhamburan keluar dan langsung melihat ke arah Gunung Lokon. Mereka mengira terjadi letusan. ‘’Begitu terjadi gempa, kami langsung keluar rumah dan melihat Gunung Lokon. Tapi, ternyata Gunug Lokon baik-baik saja tanpa menunjukkan aktifitas,’’ ujar Steven T warga Kakaskasen III.

Gempa itu sendiri, berkekuatan 5,1 SR, berada pada lokasi 1.51 LU-124.54 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Berada di 36 kilometer Barat Laut Kota Tomohon dan 42 kilometer Barat Daya

Manado serta 2147 kilometerTtimur Laut Jakarta dan tidak berpotensi terjadi Tsunami. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

& Komentar »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading