Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Dinas Kebersihan Kota Manado Jadi Motivator Program Bank Sampah

Aldi Mawitjere   |   24 Agustus 2012 – 08:21 WITA
Kadis Kebersihan dan petamanan Kota Manado

Julises Oehlers SH

MANADO, (manadotoday.com)  - Untuk menunjang program Bank Sampah Pemerintah Kota (Pemkot) Manado dalam masa pemerintahan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley AB Mangindaan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Kota Manado berinisiatif untuk menjadi pelopor dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Manado.

Kepala Disbertam Manado Julises Oehlers SH, mengatakan apa yang dilakukan instansinya semata-mata untuk memberikan motivasi bagi SKPD lainnya, serta masyarakat Kota Manado dalam pemanfaatan sampah menjadi barang yang bernilai demi peningkatan kesejahteraan.Menurutnya, setiap hari Jumat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) diinstansinya wajib membawa sampah plastik untuk ditimbang dan dijual. Hasil penjualan sampah plastik itu masuk dalam rekening Bank Sampah PNS yang bersangkutan.

“Setiap hari Jumat, para pegawai di Dinas Kebersihan diwajibkan membawa sampah plastik yang mereka kumpulkan di rumah, untuk dibawa ke kantor. Dimana, sampah plastik itu akan ditimbang dan dicatat berapa uangnya dalam buku rekening bank sampah mereka,”pungkas Oehlers.

Setelah sampah plastik itu terkumpul, tambah pejabat low profile yang akrab dengan kalangan pers tersebut, ada petugas yang akan menjualnya kepada pengusaha pengumpul. Nantinya, uang hasil pembayaran sampah plastik itu, menjadi tabungan para pegawai di Disbertam Manado.

Diharapkan dengan diwajibkannya PNS di Disbertam untuk terlibat dalam Bank Sampah, akan menjadi motivasi bagi SKPD lainnya. Selain itu, penerapan Bank Sampah ini juga akan melibatkan masyarakat. Ini dimaksudkan agar sampah yang ada di masyarakat dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.(*)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading