Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dinkes Bitung Bakal Lakukan Fogging Daerah Rawan DBD dan Malaria

Aldy Monareh   |   18 September 2012 – 08:33 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Guna menindaklanjuti keluhan warga terkait adanya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kota Bitung akan melakukan penyemprotan (fogging) di daerah yang rentan terhadap penyakit DBD dan Malaria.

Demikian menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr Vonny Dumingan, menyikapi keluhan warga Manembo-nembo.Menurut Dumingan pihaknya, terus meakukan langkah antisipasi terhadap penyakit DBD dan Malaria dengan melakukan sosialisasi pencegahan kepada warga di Puskesmas, pemberian kelambu serta penyemprotan atau fogging di daerah rawan penyakit ini.

”Untuk pencegahannya akan terus kita lakukan. Agar Kota Bitung terbebas dari DBD dan Malaria, ” ujar Dumingan.

Terkait masalah fogging untuk membubuh sarang nyamuk yang menularkan penyakit DBD dan Malaria, dijelaskan mantan Dirut RSUD Manembo-nembo ini, sebelumnya harus dilakukan penelitian di objek yang dianggap merupakan sarang nyamuk. Agar benar-benar fogging yang dilakukan tepat sasaran.

”Jika setelah penelitian satu wilayah positif DBD dan Malaria baru kemudian dilakukan penyemprotan,” terangnya.

Hanya saja yang terpenting untuk membasmi penularan pernyakit ini, diperlukan peran serta masyarakat dengan terus menjaga pola hidup bersih dan sehat.

”Membasmi sarang nyamuk dengan menerapkan program 3 M plus, yakni menguras bak mandi, menutupi dan mengubur barang bekas,” ujar Dumingan seraya meminta warga langsung melaporkan ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat jika menemui kasus DBD dan Malaria. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading