Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Dinkes Intens Monitoring H5N1

Staff Manado Today   |   29 April 2011 – 09:11 WITA

Manado Today – Setelah adanya ayam yang mati mendadak dan salah satu warga yang mengalami demam yang tinggi, Dinas Kesehatan Kota Manado secara intens melakukan pantauan terhadap kesehatan di lingkungan tempat tinggal warga. Ini dilakukan agar gejala virus H5N1 yang menyerang warga dapat segera dicegah sedini mungkin.dr Yvone Kaunang, Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado kepada wartawan mengatakan, wabah flu burung yang sedang melanda harus tetap diwaspadai bersama. Yvone mengklaim untuk saat ini belum ada penyebaran flu burung di Kota Manado. “Tapi kita tetap melakukan pemantauan untuk mengetahui jika saja ada warga yang terserang flu dan mengalami demam yang cukup tinggi,” katanya.

“Jika ditemukan ada ayam yang mati mendadak maka dari Dinas Kesehatan langsung turun kelapangan untuk melakukan pemantauan tetapi bukan kepada ayamnya namun terhadap warga sekitar apakah ada yang terserang demam dan menunjukan gejala yang menyerupai influenza. Jika demikian akan segera ditangani dan langsung dikirim ke rumah sakit untuk dirawat lebih lanjut dan akan segera dilakukan diaknosa lewat laboratorium, apakah penyakit tersebut mengarah pada virus H5N1 atau tidak,” katanya lagi.

Di satu sisi, dia menambahkan, pihak Dinkes telah menyediakan pos-pos pelayanan kesehatan dalam mencegah flu burung.

“Warga dapat memeriksakan diri di pos pelayanan yang ada di puskesmas terdekat agar keberadaan kesehatan langsung dapat diketahui juga dapat langsung mencegah jika ada indikasi yang mengarah ke flu burung,” ungkapnya sembari mengimbau jika ada unggas yang mati mendadak, segera melapor kepada instansi terkait untuk dilakukan pemeriksaan.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading