Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Dinkes Uji laboratorium Kelayakan Konsumsi Air Bersih

Staff Manado Today   |   24 Juli 2011 – 16:37 WITA

Gorontalo Today – Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango meminta agar warga di daerah itu memahami mengenai pentingnya pengambilan sampel air untuk menentukan apakah bisa di konsumsi atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Rusli Katili, mengatakan sebelum dikonsumsi oleh masyarakat, konsumen atau masyarakat harus bisa menilai bahwa air yang akan di gunakan itu membahayakan atau tidak.

Untuk itu, kata dia, dalam mendapatkan data yang akurat tentang kualitas air maka salah satu tahap awal dalam pelaksanaan analisa uji sampel air di laboratorium adalah melakukan pengambilan sampel air bersih.

“Beberapa jenis air minum dalam bentuk kemasan pun jika perlu akan diuji,” kata Rusli.

Dia mengatakan, pengambilan sampel adalah mengumpulkan volume tertentu air yang akan di teliti, dengan jumlah sekecil mungkin tetapi masih dapat mewakili badan objek tersebut.

Selanjutnya, kata dia, proses penilaian dibagi menjadi tiga bagian, yakni pengambilan sampel yang representatif, transport serta pengawetan sampel dan analisa kimia sampel. “Itu prosedur yang harus dijalankan ketika akan menilai sampel,” kata Rusli.

Rusli mengatakan, tujuan dari pengambilan sampel air tersebut adalah agar pihaknya bisa mendapatkan informasi yang lebih banyak dan dalam mengenai air yang sering di konsumsi oleh masyarakat di Kabupaten Bone Bolango.

Selain itu juga, kata dia, dengan pengambilan sampel air tersebut maka pihaknya bisa menangani lebih dini tentang bahaya yang bisa mengancam kesehatan masyarakat.

“Kami berharap warga bisa menikmati air yang bersih dan baik untuk kesehatan,” kata Rusli.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading