Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Dinsos Manado Akan Tertibkan Gepeng di Pusat Kota

Staff Manado Today   |   10 Juni 2011 – 10:05 WITA

Manado Today – Hidup di kota, pasti akan ditemui sejumlah gelandangan dan pengemis (Gepeng). Hal ini pula yang kini terjadi di Kota Manado. Meskipun jumlahnya tidak begitu banyak seperti kota-kota lainnya yang sudah lebih maju. Tak pelak guna meminimalisir keberadaan mereka, pihak Dinas Sosial (Dinsos) Manado akan melakukan penertiban Gepeng yang berkeliaran di pusat kota.

“Kita tetap akan menertibkan Gepeng jika itu ditemui. Penertiban ini nantinya dilakukan oleh Satpol-PP di pusat kota dan akan diserahkan kepada kami,” ujar Kepala Dinsos Manado, Frans Mawitjere SH kepada manadotoday.

Setelah ditangkap Pol-PP, kata Mawitjere, Gepeng akan ditampung dan diberikan pelatihan dan pembinaan sebelum dikembalikan kepada keluarganya. Hanya saja, tingginya tuntutan biaya hidup dan kurangnya lapangan kerja menjadi faktor bagi Gepeng yang sudah dirumahkan itu kembali ke jalan.

“Ini yang masih sering menjadi kendala kami karena masih dijumpai juga orang yang sama di pusat kota,” katanya.

Manado sendiri yang merupakan pusat perekonomian di Sulut, sudah pasti akan menjadi lahan untuk mencari nafkah bagi masyarakat pendatang. Hal ini yang membuat sebagian besar Gepeng yang berada di pusat kota merupakan warga pendatang.

“Paling banyak warga pendatang,” singkat Noldy sapaan akrab mantan Camat Wanea ini.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading