Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Dinsos Manado Laksanakan Kegiatan Bantuan Fakir Miskin

Staff Manado Today   |   9 Agustus 2011 – 09:23 WITA

Manado Today – Kepala Dinas Sosial Manado, Frans Mawitjere, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melaksanakan berbagai program untuk membantu 15.939 penduduk miskin di Manado.

“Kami berkoordinasi dengan semua pihak yang melaksanakan program penanggulangan kemiskinan di Manado, supaya bisa mengentaskan kemiskinan lebih cepat dari sebelumnya,” kata Mawitjere, di Manado.

Dia mengatakan sebagai koordinator berbagai program penanggulangan kemiskinan di kota Manado, Dinas sosial selalu berkoordinasi dengan semua pihak yang melaksanakan kegiatan tersebut, baik yang menggunakan dana dari pusat maupun daerah.

Dengan begitu program ini diharapkan tepat sasaran bagi yang membutuhkan.

Sementara Sekretaris Dinas Sosial Manado, Teddy Salindeho mengatakan upaya yang dilakukan pemerintah kota untuk membantu warga miksin supaya mendapatkan pelayanan dan haknya ada banyak macamnya.

“Program untuk membantu fakir miskin di Manado itu antara lain, pemberian rekomendasi untuk mendapatkan pelayanan jaminan kesehatan masyarakat di rumah sakit untuk meringankan biaya mereka,” kata Salindeho.

Jumlah warga Manado yang mendapatkan rekomendasi dari Dinsos untuk mendapatkan jaminan kesehatan itu sekitar 3.900 jiwa.

Selain itu Salindeho mengatakan mereka juga berkoordinasi dengan semua instansi yang menjalankan kegiatan pengentasan kemiskinan lainya seperti program keluarga harapan (PKH), Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesda) dan beras miskin (Raskin).

Dengan begitu, ujar Salindeho, pemerintah berharap bisa menanggulangi kemiskinan yang masih menimpa sebagian penduduk Manado, yang disebabkan oleh banyak hal, sehingga bisa hidup lebih baik dari keadaan sebelumnya.

Karena biasanya, kata Salindeho, orang miskin ini akan dililit berbagai masalah mulai dari kesulitan menyekolahkan anak, terlantar hingga rawan sosial ekonomi, dimana semuanya merupakan penyandang masalah kesejahteraan sosial.

Sebelumnya Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, menegaskan sudah membentuk tim khusus untuk memantau pelaksanaan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengentasan kemiskinan di Manado apakah berjalan lancar atau tidak.

Tim ini, kata Lumentut, akan memberikan laporan secara teratur setiap bulan kepadanya dan wakil wali kota Manado mengenai pelaksanaanya.

Di Manado penduduk miskin tersebar di sembilan kecamatan yakni Sario sebanyak 360 kk, Wanea 1.879 kk, Malalayang 1.060 kk, Wenang 1.675 kk, Tikala 1.983 kk, Mapanget 2.749 kk, Singkil 2.185 kk, Tuminting 2.259 kk dan Bunaken 1.353 kk.(aa/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading