Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Dirjen PUM : Masalah Tapal Batas di Daerah Harus Segera Tuntas

Tonny Sumakul   |   1 Juni 2012 – 15:17 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Direktur Jenderal Pemerintahan Umum (Dirjen PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. I Made Suwandi, menegaskan, agar seluruh masalah tapal batas antara Kabupaten/Kota harus segera tuntas.

“Masalah tapal batas harus segera tuntas. Jangan biarkan berlarut-larut,” ujar Suwandi, saat melakukan membawakan materi pada rapat koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Umum dan rapat Penyelesaian Fasilitasi Tapal Secara Pasti Dilapangan, juga Rapat Fasilitasi Perundang-Undangan, yang dilaksanakan di Manado.

Kata dia, dalam penyelesaian masalah tapal batas antara Kabupaten dan Kabupaten juga Kabupaten dan Kota, jika kedua daerah tak mampu menyelesaikannya, harus diambil alih Gubernur yang merupakan wakil pemerintah pusat di daerah.

“Gubernur harus ambil alih, dengan melakukan koordinasi, pembinaan dan pengawasan (korbinwas,red) terhadap kebijakan pusat yang ada di kabupaten/kota,” ungkap Suwandi, seraya mencotohkan lagi penyelesaian tapal batas antar daerah diwilayah provinsi, saat kedua daerah tak mampu menemukan kesepakatan bersama, Gubernur harus mengambil alihnya.

“Keputusan juga selanjutnya diusulkan ke Mendagri, yang nantinya akan menetapkannya,” lanjutnya.

Ia menambahkan, kabupaten/kota di Sulut yang mempunyai masalah tapal batas daerah, agar se-segera mungkin menuntaskannya. Hal itu guna untuk kesejahteraan rakyat.

Pada kegiatan itu, Dirjen PUM didampingi Kaban Pengelola Perbatasan Pemprov Sulut B. Mononutu SH dan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dr. Noudy R.P Tendean, SIP MSi. Kegiatan sendiri, dihadiri Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Kabag Hukum, Kabag Pemerintahan dari kabupaten/kota se- sulut, serta Provinsi Gorontalo. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading