Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Dishub Berlakukan Sistem Komputerisasi Pengelolaan parkir

Staff Manado Today   |   21 Juli 2011 – 09:31 WITA

Manado Today – Dinas Perhubungan Manado akan menerapkan sistem komputerisasi pada perparkiran di kota ini untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) guna mengejar target Rp534 juta yang ditetapkan pemerintah kota selama 2011.

“Pemberlakuannya akan dilakukan dalam waktu dekat dan sekarang kami sudah menyiapkan semua perlengkapan yang akan digunakan untuk keperluan tersebut,” kata Dinas Perhubungan (Dishub) Manado, Hanny Waworuntu, di Manado, Kamis (21/07/2011).

Waworuntu mengatakan keputusan memberlakukan sistem komputerisasi ini sudah ditetapkan sejak akhir tahun lalu dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan mendapat sambutan positif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado.

Karena itu, komputerisasi perparkiran di Manado ini dianggarkan dalam APBD 2011 untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor tersebut yan diharapkan akan menaikan nilainya secara keseluruhan, kata Waworuntu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perparkiran Manado Juharmen Madjid mengatakan, sekarang ini pihaknya sudah menyiapkan hampir semua yang dibutuhkan antara lain komputer serta pendukung lainnya, sehingga diharapkan bisa segera dilaksanakan paling lambat awal bulan Agustus samai September 2011.

“Yang akan ditambahkan tinggal portal yang akan digunakan sebagai perintang bagi semua kendaraan, jika lengkap segera dipasang sehingga semua kendaraan yang akan melintasi area tersebut harus membayar retribusi parkir,” kata Madjid.

Lokasi-lokasi yang akan menggunakan sistem komputerisasi tersebut, kata Madjid adalah di kawasan Taman Kesatuan Bangsa (TKB) yang merupakan kawasan perparkiran utama Dishub Manado, yang berjumah empat dan semuanya akan dilengkapi alat ini.

Dikatakan Madjid, sistem ini akan mendata secara lengkap semua kendaraan dan yang masuk dan keluar di TKB sehingga dalam menghitunnya juga jelas, berapa yang masuk dan jumlah uang masuk bisa dihitung secara otomatis.

“Dengan begitu tidak ada lagi laporan kekurangan atau selisih dalam penghitungan tetai sudah sesuai dengan apa jumlah yang masuk, selain itu cara ini sangat bagus untuk menghilangkan parkir liar di kawasan tersebut,” kata Madjid.

Ia juga yakin dengan sistem ini maka PAD bisa ditingkatkan karena semua kendaraan yang masuk akan dikenakan retribusi mulai dari roda dua sampai empat tidak seenaknya lari seperti sekarang. Dan target Rp534 juta dari parkir TKB dan Tepi jalan umum akan tercapai walaupun dengan tenaga yang terbatas.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading