Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dishub Bitung Akan Tindaki Kendaraan Pengangkut Material yang Salahi Aturan

Aldy Monareh   |   24 Februari 2012 – 15:24 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Adanya keluhan warga terkait sejumlah kendaraan pengangkut material yang tidak memperhatikan keselamatan pengguna jalan, Kepala Dinas Perhubungan John Panelewen melalui Kabid Angkutan Darat Vicky Sangkaeng, menegaskan pihaknya akan melakukan penertiban terhadap angkutan kendaraan material yang menyalahi aturan.
”Kita akan tindaki kendaraan yang tidak memperhatikan keselamatan pengguna jalan, ” tegas Sangkaeng kepada manadotoday, Jumat (24/2/2012).
Diakui Sangkaeng, bahwa pihaknya telah memberikan perhatian serius terhadap permasalahan ini. Apalagi beberapa tahun lalu sudah pernah terjadi kejadian yang menimbulkan korban jiwa, karena muatan yang ada di kendaraan jatuh, sehingga menimpa kendaraan yang tepat berada di belakang.
”Langkah yang akan kita ambil pertama berupa teguran, dan jika tidak diindahkan kendaraan tersenut akan kita tilang, ”ujarnya.
Lanjut dikatakannya, sesuai aturan tidak dibenarkan kendaraan pengangkut material batu membuka pintu belakang kendaraan. Kacuali ada rantai yang bisa menahan batu tersebut. Begitupula dengan kendaraan yang memuat pasir harus ditutup atasnya.
”Sebab ini diatur dalam UU nomor 22 tahun 2009 pasal 306, tentang tat cara pemuatan, ” jelas Sangkaeng.
Namun lebih dari pada itu ditambahkan Sangkaeng, penindakan yang dilakukan juga untuk mengantisipasi agar tidak akan terjadi kecelakaan bagi pengguna jalan yang kebetulan berada di belakang kendaran pengangkut material ini.
”Jadi diimbau bagi pemilik kendaraan untuk memperhatikan hal ini. Jangan sampai nanti akibat kelalaian pemilik kendaraan akan menimbulkan korban jiwa,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading