Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Dishub Diminta Perketatat Pengawasan Pelabuhan Bitung

Staff Manado Today   |   26 Juli 2011 – 11:50 WITA

Bitung Today – DPRD Kota Bitung meminta Dinas Perhubungan melakukan pengawasan intensif, terkait pengangkutan penumpang oleh bus AKDP dan AKAP di pusat kota maupun dalam pelabuhan.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Bitung Lexi Maramis, di Bitung, mengatakan, Dinas Perhubungan diminta agar proaktif melakukan pengawasan dan penertiban terhadap bus yang melanggar aturan.

“Jika ada angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antarprovinsi (AKAP) mengangkut penumpang di pusat kota dan di dalam pelabuhan, harus ditindak,” katanya.

Ia mengatakan apabila didapati hal tersebut, agar Dishub tidak segan-segan mencabut izin trayeknya.

“Hal ini sangat dikeluhkan para sopir angkot, sehingga jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi semua pihak,” katanya.

Kecenderungan itu pun mendapat sorotan dari anggota DPRD Bitung lainnya, dimana persoalan yang terjadi perlu disikapi dengan arif namun tegas oleh semua pihak terutama oleh Dinas Perhubungan.

“Kami akan segera mengirim rekomendasi hasil hearing lalu kesemua intansi terkait, agar ditindaklanjuti dan dilaksanakan,” ujar Bobby Dumgair anggota DPRD dari komisi C.

Keluhan para sopir angkot ini telah terjadi beberapa pekan lalu, dimana mereka menyambangi DPRD Bitung untuk melakukan upaya arif dalam rangka penertiban bus yang mengangkut pelabuhan di pusat Kota dan dalam pelabuhan.

“Kami minta agar hasil hearing yang lalu dengan Komisi C, dapat segera ditindaklanjuti atau dikirim ke intasni terkait, seperti Dinas Perhubungan dan Polres,” keluh Ruddy Rooroh, perwakilan sopir angkot Bitung.

Rooroh katakan ternyata sampai saat ini AKDP maupun AKAP masih saja mengangkut penumpang di dalam pelabuhan.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bitung, Jhon Panelewen saat dikonfirmasi, mengakui kalau pihaknya belum menerima rekomendasi hasil haering dari DPRD.

Namun demikian, pihaknya sangat prihatin dan akan segera melakukan penertiban terhadap semua bus AKDP dan AKAP yang masuk pelabuhan.

“Setahu kami, dari dulu bus dilarang masuk dan mengangkut penumpang dalam pelabuhan, karena itu saya akan tertibkan secepatnya, tapi terkait rekomendasi dari DPRD, kami memang belum menerimanya,” kata Panelewen. (ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading