Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Dishut Usulkan 15M DAK 2011 Prioritaskan Reboisasi Hutan

Redaksi Manado Today   |   23 September 2010 – 22:11 WITA

 

Ratahan Today – Sekitar 74.000 ha hutan yang ada di Mitra akan mendapatkan perhatian serius. Pasalnya, menurut informasi, Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diajukan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan, khusus mengatasi permasalahan hutan pada pemerintah pusat mencapai Rp15 M. Diakui Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Mitra Ir Djoni Ronsul dana sebesar itu lebih diprioritaskan pada usaha reboisasi hutan kritis. “Alokasi dana terbesar ada di pos itu, karena kami melihat kebutuhan hutan sekarang,” ujarnya. 
Menurut Ronsul, pihaknya tak bisa menampik jika keadaan hutan di Mitra berada pada tahap kritis. “Misalnya saja hutan Manimporok yang memang sangat membutuhkan sentuhan reboisasi,” katanya. Dana tersebut pun bukan hanya akan dialokasikan untuk hutan lindung, hutan produksi dan hutan rakyat, hutan bakau pun yang ada di Mitra akan mendapat perhatian. “Masih banyak lokasi yang membutuhkan reboisasi dan kami akan berusah keras agar dana itu bisa disetujui pemerintah pusat,” paparnya.
Salah satu LSM pecinta alam di Mitra, Aramic, menyambut senang usulan dana yang diajukan oleh Pemkab Mitra. “Ini bisa membantu menyelesaikan masalah kerusakan hutan di Mitra, Pemkab patut memperjuangkan dana tersebut,” tutur Rully Anggoronggang dari LSM Aramic. Lebih lanjut dia berharap, jika dana tersebut berjasil didapatkan Pemkab Mitra dalam hal ini Dinas Kehutanan, harus dimanfaatkan dengan baik dan dalam penggunaannya harus transparan. “Kami sangat prihatin dengan keberadaan hutan di Mitra, semoga dengan adanya suntikan dana dari pusat ini mampu menyelesaikan masalah hutan,” tandasnya.(evel)

Dishut Usulkan 15M DAK 2011 Prioritaskan Reboisasi Hutan

Ratahan Today – Sekitar 74.000 ha hutan yang ada di Mitra akan mendapatkan perhatian serius. Pasalnya, menurut informasi, Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diajukan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan, khusus mengatasi permasalahan hutan pada pemerintah pusat mencapai Rp15 M. Diakui Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Mitra Ir Djoni Ronsul dana sebesar itu lebih diprioritaskan pada usaha reboisasi hutan kritis. “Alokasi dana terbesar ada di pos itu, karena kami melihat kebutuhan hutan sekarang,” ujarnya. Menurut Ronsul, pihaknya tak bisa menampik jika keadaan hutan di Mitra berada pada tahap kritis. “Misalnya saja hutan Manimporok yang memang sangat membutuhkan sentuhan reboisasi,” katanya. Dana tersebut pun bukan hanya akan dialokasikan untuk hutan lindung, hutan produksi dan hutan rakyat, hutan bakau pun yang ada di Mitra akan mendapat perhatian. “Masih banyak lokasi yang membutuhkan reboisasi dan kami akan berusah keras agar dana itu bisa disetujui pemerintah pusat,” paparnya.Salah satu LSM pecinta alam di Mitra, Aramic, menyambut senang usulan dana yang diajukan oleh Pemkab Mitra. “Ini bisa membantu menyelesaikan masalah kerusakan hutan di Mitra, Pemkab patut memperjuangkan dana tersebut,” tutur Rully Anggoronggang dari LSM Aramic. Lebih lanjut dia berharap, jika dana tersebut berjasil didapatkan Pemkab Mitra dalam hal ini Dinas Kehutanan, harus dimanfaatkan dengan baik dan dalam penggunaannya harus transparan. “Kami sangat prihatin dengan keberadaan hutan di Mitra, semoga dengan adanya suntikan dana dari pusat ini mampu menyelesaikan masalah hutan,” tandasnya.(evel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading