Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Diskop dan UKM Bitung Dinilai Gagal Lakukan Pembinaan Koperasi

Aldy Monareh   |   8 Desember 2011 – 08:22 WITA

Bitung, MTC – Sejumlah elemen masyarakat menilai Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Bitung gagal dalam memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap ratusan Koperasi dan UKM yang tersebar di Kota Bitung.
Ini menyusul adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak tahun 2003 sampai 2010 terhadap dana bergulir di Dinas Koperasi dan UKM Bitung sebesar kurang lebih Rp 4 Milliar, yang belum dikembalikan oleh sejumlah Koperasi pengguna dana bergulir tersebut, seperti halnya terungkap dalam rapat dengar pendapat antara Komisi B dangan Dinas Koperasi beberapa waktu lalu.
”Harusnya kan dana tersebut sudah digulirkan ke Koperasi lain, apalagi ini sudah sejak 2003 Itu artinya Diskop dan UKM tidak mampu melakukan penagihan kepada Koperasi yang kumabal, padahal beberpa waktu lalu Kota Bitung telah mencanangkan kota penggerak Koperasi,” tandas Ketua Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sunny Kakauhe.
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Vera Manoppo mengakui bahwa bantuan dana hibah dan bergulir sejak 2003-2010, total keseluruhan mencapai Rp 5 Milliar, namun yang baru dikembalikan sekitar Rp 1 Milliar.
”Hinnga kini masih ada sekitar Rp 4 Milliar dana bergulir yang belum dikembalikan oleh Koperasi yang menggunakan dana bergulir itu,” terang Manoppo.
Manoppo juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya baru sebatas melakukan himbauan dan pendekatan terhadap Koperasi yang menunggak agar segera menyelesaikan kewajibannya.
”Kami baru sebatas melakukan pendekatan Kekeluargaan terhadap Koperasi yang mnunggak agar secepatnya melunasi kewajibannya,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading