Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Hukum dan Kriminal

Disnaker Bitung Diduga Rugikan Negara 64 Miliar

Staff Manado Today   |   29 Juni 2011 – 09:49 WITA

Wahyudin : Kejari Bitung Akan Telusuri Dugaan Pengeluaran IMTA

Bitung Today – Pernyataan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, Drs Boy Rompas, terkait adanya pengeluaran Ijin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) oleh Disnaker Bitung. Hal ini menyusul tertangkapnya para pekerja asing oleh Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) yang menggunakan IMTA, direspon Kejaksaan Negeri Bitung.

Pasalnya, diduga kuat Disnakertrans Bitung yang telah mengeluarkan surat keterangan sementara IMTA selang 10 tahun terakhir melanggar aturan undang-undang dengan kerugian negara diduga capai Rp 64 Miliar.

” Kami akan cari datanya. Jika sudah ada kami akan pelajari data tersebut berdasarkan hukum yang berlaku di negara ini,” ujar Kasie Intel Kejari Bitung Wahyudin SH.

Jika hal ini terbukti Disnakertrans Kota Bitung telah melanggar Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 42 ayat 1 dan Permen Nomor 2 Tahun 2008 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Indonesia.

Berdasarkan peraturan tersebut setiap perusahaan di Indonesia yang ingin mempekerjakan TKA harus mengajukan rencana penggunaan tenaga kerja asing ke Kementrian RI.

”Jika telah mendapatkan RPTKA melalui Pemprov barulah perusahaan mengajukan permohonan perpanjangan IMTA di Kabupaten/Kota,” ujar Rompas.. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading