Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Disnakertras Manado Masih Masih Tetap Mengacu UMP Provinsi

Aldi Mawitjere   |   7 November 2011 – 08:55 WITA

Manado, MTC – Belum adanya Dewan pengupahan sendiri di Pemerintah Kota Manado yang bisa merekomendasikan besaran upah pekerja, secara otomatis harus mengikuti ketentuan upah minimum provinsi Sulut.
Menurut kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Manado, Ubaidillah Maaruf, salah satu alasan Manado belum memiliki dewan pengupahan karena beberapa pertimbangan. Jika sudah memiliki wajib menetapkan upah minimum lima persen lebih dari UMP.
“Yang pasti kalau sudah ada pastinya banyak persoalan sosial akan terjadi di masyarakat. Maka itu harus ada pertimbangan. Kami khawatirkan adalah jika UMP di Manado lebih tinggi dari provinsi, akan menyebabkan masuknya tenaga kerja besar-besaran ke kota ini, dan ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan di Manado, dan penumpukan tenaga kerja,” kata Maaruf.
Dilain pihak Disnakertras terus melakukan pengawasan terhadap sekitar 1500 perusahaan di Kota Manado sebagai bentuk perhatian kepada tenaga kerja.
“Kalau ada keluhan dari tenaga kerja langsung kita tindaki.”tuturnya.
Diakui Maaruf, pihaknya memang tidak secara langsung masuk dalam Dewan Pengupahan provinsi, tetapi dalam struktur masuk sebagai pengurus sehingga kepentingan tenaga kerja Manado dapat diperjuangkan.
Seemntara itu terkait usulan UMP untuk 2012, Maaruf berharap usul yang disampaikan oleh Dewan Pengupahan akan mendapat tanggapan positif dari pemerintah dan bisa diterima, apalagi sebelumnya mereka sudah melakukan survei tentang kebutuhan hidup layak di seluruh kabupaten dan kota di Manado.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading