Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Disperhut Bitung Dinilai Tidak Mampu Atasi Pembalakan Liar

Aldy Monareh   |   7 Oktober 2011 – 17:25 WITA

Bitung Today – Kendati menurut warga telah dilaporkan dan dikeluhkan ke Dinas Pertanian Kehutanan (Disperhut) tentang aksi pembalakan liar di Wilayah Gunung Klabat, yang merupakan wilayah hutan lindung, namun aksi pembalakan liar ini masih saja terus berlangsung bahkan intensitasnya semakin sering .

Pelak saja akaibat kondisi ini warga menilai Disperhut Kota Bitung dinilai gagal dan tidak pro aktif atasi pemabalakan liar yang marak terjadi saat ini tanpa ada petugas yang mengawasi. .

”Beberapa hari lalu kami sudah laporkan hal ini di Dinas Pertanian dan Kehutanan, yang diterima oleh Sekertaris Dinsperhut, karena Kadis tidak berada di tempat, perihal aksi pembalakan liar ini, namun yang kami terima hanya bentakan dari Sekertaris Dinas Pertanian,” ujar Yori Mumu dan Agus Baure warga Kumersot Kecamatan Ranowulu.

Tentu saja akibat sikap dari Sekretaris Dinas Pertanian dan Kehutanan Bitung, membuat kami kecewa, karena semestinya pihak Disperhut pro aktif menindaklanjuti keluhan warga, bukan justru membentak kami yang melaporkan aksi pembalakan liar yang saat ini terus terjadi tanpa pengawasan.

”Ini artinya Disperhut terkesan membiarkan dan tidak mampu mencegah aksi pembalakan liar ini,” tandas keduanya.

Padahal jika ini terus didiamkan dikawatirkan hutan ini akan gundul, dan yang pasti akan banyak bencana yang akan menimpa kota Bitung, jika aksi pembalakan liar tidak bisa dicegah sekarang.

”Aparat Kepolisian juga diminta pro aktif, kasihan nanti anak cucu kita,” tandas mereka lagi.

Sementara itu Kadis Pertanian dan Kehutanan Kota Bitung, Ir Lusye Makalawang, yang berupaya dikonfirmasi belum berhasil dihubungi. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading