Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

Disperindag Bitung Seriusi Kerjasama Dengan Kalimantan

Redaksi Manado Today   |   27 Februari 2011 – 00:04 WITA

Bitung Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bitung, menjajaki kemitraan dengan sejumlah daerah di Kalimantan terkait kerjasama pengadaan bahan baku kayu untuk diolah pada terminal kayu di Bitung.

Kepala Disperindag Bitung Adri Mewengkang, di Bitung, Sabtu mengatakan, sementara melakukan penjajakan untuk pelaksanaan kerjasama tersebut. “Dalam waktu dekat, akan melobi sejumlah daerah di Kalimantan yang memiliki potensi kayu untuk menjalin kerjasama,” kata Mewengkang melalui Sekretaris Disperindag Bitung, Jantje Sakul.

Dia mengatakan, dengan kehadiran pembangunan terminal kayu di kota tersebut, pemerintah kota (Pemkot) Bitung akan melakukan berbagai langkah antara lain, menjalin kerjasama dengan daerah lain yang memiliki banyak potensi kayu. “Seperti melakukan kesepakatan dengan Kabupaten Raja Empat di Provinsi Papua Barat untuk menjadi mitra dalam pengadaan bahan baku kayu,” katanya.

Terkait terminal kayu di Bitung, dia mengatakan, pemerintah daerah telah mengalokasikan dana sekitar Rp250 juta untuk menambah pembangunan terminal kayu sepanjang 15 meter. “Dana tersebut baru untuk penambahan bangunan sepanjang 15 meter saja,” katanya.

Menurut dia, sebenarnya dana yang dibutuhkan untuk penyelesaian pembangunan terminal kayu secara menyeluruh sekitar Rp3 miliar, sehingga dana yang dianggarkan tersebut masih terbatas.

Dana Rp3 miliar itu antara lain untuk memperpanjang bangunan sekitar 30 meter, pembangunan tempat pengikatan kayu yang sudah diolah, memperlebar jalan masuk ke terminal kayu di daerah Sagerat, serta isolasi kawasan terminal kayu itu sendiri. “Berharap pemerintah daerah dapat menambah dana untuk penyelesaian pembangunan terminal kayu dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2011, agar supaya terminal tersebut sudah dapat beroperasi,” katanya.

Dia menambahkan, semua peralatan bantuan dari Kementerian Perindustrian sudah ada dan kini tinggal menunggu penyelesaian pembangunan terminal kayu tersebut yang saat ini telah mencapai sekitar 90 persen. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading