Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Disperindag Gairahkan Kecintaan Terhadap Produk Pertanian

Staff Manado Today   |   30 April 2011 – 12:19 WITA

Manado Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar lomba pangan lokal sebagai bagian membangkitkan kecintaan terhadap produk petani dan tangguh menghadapi ancaman krisis pangan.“Bahan pangan yang dihasilkan petani kita mampu diolah menjadi berbagai jenis makanan pokok, ini harus terus disosialisasikan kepada masyarakat agar lebih banyak mengkonsumsi bahan pangan produksi kita sendiri,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado.

Sanny mengatakan, Sulut sangat kaya bahan baku pangan, bila mampu dikelola dengan baik, maka masyarakat mampu bertahan hidup tanpa khawatir ancaman krisis pangan.

“Lomba antar bidang di Disperindag Sulut ini, ingin memberi motivasi kepada masyarakat supaya mulai memperbiasakan diri mengkonsumsi produk yang dihasilkan di areal pertanian dan pekarangan,” kata Sanny.

Bahan makanan seperti ubi, jagung, pisang dan kacang-kacangan, kata Sanny merupakan kekayaan alam yang ada di tanah Sulut, yang seharusnya terus dikembangkan sehingga menjadi makanan jadi yang menarik untuk dikonsumsi.

Ancaman krisis pangan pada tahun ini, kata Sanny harus menjadi perhatian kita bersama dengan memperkuat konsumsi pangan lokal.

“Negara-negara yang tadinya dikenal sebagai produsen pangan, justru mulai mengimpor dari negara lain disebabkan kegagalan produksi dampak cuaca ekstrim, ini hendaknya diantisipasi masyarakat dengan perkuat produksi pangan lokal,” kata Sanny.

Konsumsi beras, kata Sanny secara perlahan harus mulai dibatasi masyarakat dan dapat tergantikan dengan pangan lokal, karena beras tersebut sebagian besar berasal dari impor yang bukan tidak mungkin bakal terkena masalah bila krisis pangan dunia terjadi.

“Masyarakat Sulut termasuk salah satu pengkonsumsi beras tertinggi di dunia, maka sudah saatnya mengubah pola konsumsi ke pangan lokal, karena daerah ini kaya berbagai jenis bahan baku makanan,” kata Sanny.

Lomba menu pangan lokal, diikuti seluruh bidang Disperindag Sulut yakni perdagangan dalam negeri, perdagangan luar negeri, fasilitasi pengembangan industri kecil menengah, perindustrian, promosi, tata usaha, unit pelaksana teknis daerah (UPTD) metrologi, dan pengujian mutu barang.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading