Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Disperindag Gelar Pasar Murah Tiga Pangan Utama

Redaksi Manado Today   |   22 Februari 2011 – 22:32 WITA

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) guna menggelar pasar murah tiga komoditas bahan kebutuhan masyarakat yang menjadi pangan utama yakni beras, gula pasir dan minyak goreng.

“Pasar murah direncanakan berlangsung di empat titik di tiga kabupaten Kota yakni Manado, Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) paling lambat Maret 2011,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Selasa.

Sanny mengatakan, pertimbangan gelar pasar murah tersebut guna menindaklanjuti kerjasama Kementerian Perdagangan dengan BUMN dalam upaya antisipasi masyarakat menghadapi ancaman krisis pangan.

“Beras, gula pasir dan minyak goreng, merupakan tiga bahan kebutuhan pokok masyarakat yang naik cukup tinggi, karena itu akan akan digelar pasar murah dengan harga 25 hingga 30 persen lebih murah ketimbang harga pasaran,” kata Sanny.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Sulut, Janny Rembet, mengatakan, harga beras superwin saat ini di Manado masih bertengger berkisar Rp8.000 per kilogram (Kg), masih jauh di atas harga sebelumnya di kisaran Rp7.000 per Kg, karena itu pasar murah sangat mendesak dilakukan.

“Begitu juga dengan gula pasir yang masih bertengger di kisaran Rp11.000 per kg, naik cukup tinggi di atas patokan normal pada kisaran Rp7.000 hingga Rp8.000 per Kg, makanya pemerintah ingin membantu masyarakat melalui ajang pasar murah,” kata Janny.

Sementara minyak goreng, naik hingga ke kisaran Rp12.000 per Kg dari sebelumnya hanya berkisar Rp8.000 per Kg, untuk itu sudah sepantasnya jika operasi pasar digelar dengan harapan membantu masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok tersebut.

Janny mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pasar murah ketika nanti digelar, sebab meskipun dari sisi volume tidak mungkin menjangkau seluruh kebutuhan masyarakat, tetapi setidaknya memberi sedikit keringanan.

Kebutuhan masyarakat Sulut untuk ketiga jenis bahan pokok tersebut, beras berkisar 22 ribu ton sebulan, gula pasir 3.000 hingga 5.000 ton dan dan minyak goreng 3.000 hingga 4.500 ton setiap bulan. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading