Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Disperindag Harus Perbanyak Sosialisasi Kopra Putih

Redaksi Manado Today   |   9 Maret 2011 – 01:13 WITA

Manado Today – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) minta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) memperbanyak sosialisasi pengolahan dan pemasaran kopra putih.

“Masih banyak petani kelapa belum mengetahui keuntungan mengolah kelapa menjadi kopra putih,” kata Anggota Komisi II Bidang Perekonomian dan Keuangan, Paul Tirajoh dalam hearing dengan Disperindag Sulut, di Manado, Selasa.

Karena itu katanya perlu sosialisasi lebih intensif agar petani dapat memutuskan apakah mengolah komoditas tersebut atau tidak.

Paul mengatakan, hingga saat ini masih banyak petani yang tidak mengetahui keuntungan yang didapat dengan mengolah kelapa menjadi kopra putih.

“Saya juga petani kelapa dari Kabupaten Minahasa Utara (Minut), tetapi terus terang belum mengetahui secara persis keuntungan yang didapat dari kopra putih, ketimbang diolah menjadi kopra asapan,” kata Paul.

Tahun ini, Disperindag melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) menerima dana sekitar Rp400 juta, yang jadi pertanyaan, kata Paul, apakah pemanfaatan dana tersebut tepat memenuhi sasaran.

Kalau pengadaan alat pengolah kopra putih dialokasikan ke daerah yang bukan sentra kelapa, kata Paul, berarti dapat dikatakan program pengembangan komoditas tersebut gagal.

Kepala Disperindag Sulut, Sanny Parengkuan, mengatakan, dalam tahun 2010 telah membangun delapan tungku kopra putih, yang diarahkan secara bergilir di semua kabupaten/kota.

“Tahun 2010 yang mendapat giliran yakni Kabupaten Minahasa, lokasi yang dipilih Kecamatan Lembean Kora-Kora dan untuk tahun 2011 direncanakan di Kabupaten Minahasa Utara,” kata Sanny.

Sanny mengatakan, dibutuhkan ribuan alat tungku kopra putih agar petani mampu memenuhi kebutuhan produsen, untuk itu dibutuhkan anggaran yang lebih besar.

“PT Multi Nabati Sulawesi sudah mengajukan permintaan kopra putih, hanya saja mereka minta pasokan secara kontinu, nah masalah bagi petani Sulut dengan jumlah tungku yang sedikit, tidak mampu penuhi kebutuhan pabrik tersebut,” kata Sanny. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • rony mengatakan:

    kami membutuhkan kopra putih,kadar air maxsimal 5%,bentuk mangkuk, kebutuhan 24 ton /minggu..jika ada yg bisa produksi silakan hubungi saya:081225672009, pembayaran cash setelah ditimbang digudang kami surabaya.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading