Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Disperindag Programkan Pemberdayaan IT Anak Putus Sekolah

Redaksi Manado Today   |   26 Mei 2011 – 19:34 WITA

Manado Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) memprogramkan pemberdayaan pengetahuan informasi teknologi (IT) kepada anak putus sekolah dalam upaya menciptakan pelaku usaha baru dibidang tersebut.

“Program IT kepada anak-anak putus sekolah dimaksudkan agar mereka dapat menjadi pelaku usaha berbasis internet,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Sanny Parengkuan di Manado, Kamis siang.

Sanny mengatakan program pemberdayaan IT anak putus sekolah tersebut akan memanfaatkan anggaran dari Kementerian Perindustrian ditopang dengan dana APBD, dan bekerja sama dengan sekolah tinggi informatika yang ada di daerah ini sebagai pengajar.

“Anak putus sekolah yang jadi target dilatih kemampuan dibidang internet tersebut, mulai dari putus sekolah menengah pertama, atas hingga perguruan tinggi, dan tujuannya memberi kesempatan kepada mereka menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan mereka sendiri,” kata Sanny.

Disperindag, kata Sanny akan mengusulkan anggaran untuk pemberdayaan pelaku usaha di bidang teknologi informasi ke pemerintah pusat, guna menyukseskan progrma ini.

Pemberdayaan anak putus sekolah ini, kata Sanny akan dilakukan melalui wadah regional information technology centre of excellence (RICE) yang pengurusnya sudah dibentuk beberapa waktu lalu.

Ketua pengurus RICE Sulut, Benny Nongkan, mengatakan jumlah anak putus sekolah di Sulut harus diberdayakan sehingga mereka tidak menjadi penganggur tetapi justru mampu menjadi pekerja ataupun pelaku usaha yang mampu menghasilkan pendapatan. “Anak putus sekolah beragam penyebabnya, karena itu pemerintah daerah berupaya memberdayakan mereka agar mampu menjadi manusia yang produktif,” kata Benny.

Koordinator RICE Sulut, Son Sangadi mengatakan, tranformasi teknologi dan informasi merupakan bagian penting yang ditimbulkan oleh pengaruh globalisasi. Karena itu pemerintah daerah perlu terus berbenah diri untuk punya kemampuan menguasai IT.

Dengan adanya pemberdayaan di bidang IT, maka diharapkan manfaatnya selain memajukan dunia usaha dan kewirausahaan di Sulut juga dapat berguna bagi pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading