Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Distakot Janji tak Akan Terbitkan IMB di Jalur Hijau

Staff Manado Today   |   27 Juli 2011 – 12:37 WITA

Manado Today – Dinas Tata Kota (Distakot) berjanji tidak akan menerbitkan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) di kawasan jalur hijau, yakni disepanjang jalan Piere Tendean boulevard. Pasalnya, dalam waktu dekat proyek pembangunan jalur hijau tersebut akan segera dilaksanakan.

Demikian dikatakan Kepala Distakot Manado, Ir Revind Lewan MSi. Menurutnya, kebijakan untuk tidak lagi mengeluarkan IMB merupakan komitmen pemerintah agar tidak terjadi permasalahan jika nantinya bangunan di boulevard itu digusur.

“Pokoknya sampai saat ini, kita tidak akan menerbitkan IMB untuk bangunan yang masuk proyek jalur hijau. Karena pembangunan jalur hijau segera dilaksanakan. Ini supaya tidak terjadi permasalahan dengan warga,”tandas mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Manado.

Lanjut dikatakan Lewan, pembayaran ganti rugi lahan milik warga di kawasan boulevard telah dilakukan sejak lama. Sehingga, hampir sebagian besar tanah warga tersebut telah menjadi milik pemerintah.

Hanya saja, masih ada tanah warga yang belum sempat diberikan ganti rugi. Karena pada waktu itu, jelas Lewan, anggaran untuk pembayaran ganti rugi tanah warga yang terkena program jalur hijau sebagiannya dialihkan untuk pembangunan kantor walikota pada waktu itu.

“Memang tidak semua tanah warga di boulevard telah diberikan dana ganti rugi. Anggarannya dialihkan untuk penyelesaian kantor walikota, pada waktu itu,”tandas Lewan.

Sementara itu, warga boulevard mengaku pasrah bangunannya dibongkar jika proyek jalur hijau dimulai. Pasalnya, mereka telah diberikan kesempatan oleh pemerintah untuk mendiami tanah mereka sampai ada pembangunan jalur hijau.

“Kita tidak akan permasalahkan jika nanti rumah dan bangunan kami dibongkar. Karena dulunya telah dibayar oleh pemerintah. Kita bersyukur masih diberi kesempatan untuk menempati,”ujar salah seorang warga jalan Piere Tendean yang meminta namanya tidak disebutkan.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading