Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Distamben Minsel Bakal Lakukan Penertiban Galian C Tak berijin

David Masengi   |   2 Oktober 2011 – 11:22 WITA

Amurang Today-Padahal Pemerintah Kabupaten sudah melakukan teguran kepada sejumlah penambang Galian C yang tersebar di sejumlah Kecamatan di Minsel, ternyata hingga kini tak diindahkan.

Pelak saja, Kepala Dinas Pertambangan Minsel Drs Pengky Terok menjadwalkan pekan depan bakal melakukan inspeksi mendadak (Sidak) guna penertiban terhadap para penambang liar tersebut, karena tidak mengantongi ijin alias illegal.
“ Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahkan kami juga telah mengedarkan surat larangan kepada camat-camat setempat agar tidak mengijinkan melakukan aktifitas penambangan pasir di bawah jembatan atau terlalu dekat dengan jembatan. Sebab akibatnya bisa jembatan terancam ambruk. Dalam waktu dekat kami akan melakukan penertiban terhadap para penambang tersebut,” jelas Terok.
Diakui Terok, sejak berdirinya Kabupaten Minsel, belum ada pelaku usaha galian c yang mengurus ijin. Namun yang ada hanyalah pungutan retribusi bagi kendaraan pengangkut material di dalam maupun di luar daerah. Hal ini disesuaikan dengan Perda nomor 25 tahun 2005.
“Pengurusan ijin galian C, mereka harus memintah rekomendasi terlebih dahulu ke Dinas PU, selanjutnya ke Distamben baru penertiban ijin di KPPTSP Minsel,” ujarnya lagi.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading