Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Distanak-BP4K Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Staff Manado Today   |   25 April 2011 – 15:45 WITA

Antisipasi Penyebaran Virus Flu Burung di Mitra

Ratatotok Today – Penyebaran virus flu burung yang menimpa salah satu kabupaten di Sulawesi Utara, mendapat perhatian lebih khusus dari pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara Mitra.Di mana untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus H5N1 atau virus flu burung di wilayah Mitra , pihak Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) yang bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) melakukan aksi penyemprotan vaksin disinfektan di sejumlah lokasi peternakan unggas milik warga di wilayah Kecamatan Ratatotok.

Diperkirakan, sedikitnya 20 kandang ayam milik warga masyarakat di wilayah Ratatotok mendapat penyemprotan anti flu burung.

Bahkan dari 20 kandang ayam milik warga, satu di antarnya langsung dilakukan pemusnahan dikarenakan unggas yang ada sudah terjangkit penyakit Tetelo.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra Ir BA Tinungki kepada sejumlah wartawanmengatakan, tujuan dilakukannya penyemprotan vaksin disinfektan tak lain untuk mengantisipasi terjangkitnya virus flu burung di sejumlah lokasi ternak unggas yang berada di wilayah Mitra.

“Kita bekerja sama dengan BP4K dan juga pemerintah Kecamatan Ratatotok sama-sama melakukan penyemprotan di lokasi ternak dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat dan hewan, sehingga gejala penyebaran penyakit melalui hewan ke manusia dapat diputus melalui penyemprotan disinfektan,” jelas Tinungki.

Dijelaskankan Tinungki lagi, flu burung atau yang dikenal dengan avian influensa (AI) adalah penyakit pada unggas yang disebabkan oleh virus influenza tipe A dari family orthomyxoviridae, virus ini dapat menimbulkan gejala penyakit pernafasan mulai dengan akut hingga fatal pada unggas bahkan dapat menular pada manusia,” tukasnya. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading